Inilah Tips Membersihkan Komputer dari Spyware

sioot.com. Inilah Tips Membersihkan Komputer dari Spyware. Spyware merupakan sejenis software yang kehadirannya sering tidak disadari dan digunakan untuk memata-matai komputer yang terinfeksi.

disini saya berbagi untuk membersihkan komputer anda dari virus spyware, Spyware mampu mengirimkan data pada komputer pengguna ke pihak lain saat terhubung ke jaringan internet.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan spyware, namun dalam banyak kasus, dibutuhkan lebih dari satu metode untuk membersih komputer dari spyware secara menyeluruh.

1.Apa itu sih Spyware itu?

Spyware sering beroperasi dengan mengubah perilaku komputer Anda, seperti mengubah halaman awal web browser.

Spyware juga dapat memunculkan berbagai bentuk iklan yang tidak diinginkan, atau mengirimkan informasi pribadi tanpa sepengetahuan Anda.

Spyware juga bisa menyebabkan komputer berjalan lambat atau crash.

Spyware berbeda dari virus atau trojan. Spyware bukan untuk menonaktifkan komputer, melainkan untuk membajak komputer, sehingga setidaknya sebagian dari komputer dapat di kendalikan oleh orang lain selain oleh si pemilik komputer sendiri.

2.Program Anti Virus.

Program anti virus pada umumnya tidak cocok untuk membersihkan komputer dari spyware pada komputer yang sudah terinfeksi.

Pada sebuah tes yang dilakukan, program anti virus hanya mampu mendeteksi dan menghapus sebagian spyware yang sengaja diinjeksikan pada sebuah komputer.

3.Program Penghilang Spyware.

Pada tahun 2004, Majalah Wired melakukan eksperimen untuk mengevaluasi program yang dirancang khusus untuk menghapus spyware pada komputer secara menyeluruh.

Dua program anti-spyware gratis yang diuji yaitu Lavasoft Ad-Aware dan Spybot Search and Destroy mampu mendeteksi dan menghapus semua spyware yang diinjeksikan pada komputer uji.

Salah satu yang dapat dideteksi dan dihapus oleh dua anti-spyware tersebut adalah Cool Web Search spyware yang seringkali kebal terhadap program anti virus.

4.Menghapus Spyware secara Manual.

Untuk komputer yang sudah terinfeksi spyware sangat parah, atau terinfeksi banyak spyware, menghapus secara manual mungkin menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan penggunanya.

Untuk melakukan hal ini, Anda harus me-reboot komputer kedalam Safe Mode, kemudian tekan Control + Alt + Delete untuk memulai Task Manager.

Buat daftar semua program yang berjalan pada komputer saat berada pada Safe Mode.

Kemudian reboot mesin secara normal, mulai Task Manager lagi, dan bandingkan dua daftar program yang berjalan pada komputer.

Program yang muncul ketika komputer berada pada Safe Mode bisa dianggap sebagai program yang aman.

Daftar yang tersisa kemudian harus dibandingkan dengan daftar pada halaman web yang disebut Process Library.

Program asing atau yang tidak Anda kenali bisa dihapus karena mungkin merupakan spyware.

5.Pencegahan / Solusi menghilangkan spyware.

Menginstal dan menggunakan firewall pada komputer bisa mencegah spyware mengirimkan informasi keluar keinternet, bahkan setelah komputer terinfeksi sekalipun.

Mengatur zona keamanan di Internet Explorer setidaknya pada tingkatan “Medium” juga merupakan cara mencegah infeksi spyware terhadap komputer kita.

Dibanding Internet Explorer, Firefox dianggap kurang rentan terhadap serangan spyware.

Cara lain, up date secara berkala program anti spyware Anda. Jangan kunjungi situs-situs yang meragukan karena mungkin mengandung spyware yang siap menginfeksi komputer Anda.

Demikianlah Tips Membersihkan Komputer dari Spyware, semoga bermanfaat.

No Response

Leave a reply "Inilah Tips Membersihkan Komputer dari Spyware"