Inilah Tips Untuk Buat Komputer Jadul Tetap Ngebut

sioot.com. Berita Tekno-Inilah Tips Untuk Buat Komputer Jadul Tetap Ngebut. Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat cepat. Bahkan karena begitu cepatnya, sebuah prosesor Intel Pentium generasi ke-7 terbaru saat ini, sudah secepat prosesor Intel Core i5 generasi ke-2.

Perlu dipahami bahwa untuk mengikuti perkembangan teknologi yang cenderung cepat, biaya juga perlu mengikuti. Apabila kamu terkendala biaya dan terjebak dengan komputer lama kamu, kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

Kali ini Jaka ingin berbagi pengalaman dalam memakai sebuah laptop jadul yaitu HP Probook 4331s keluaran tahun 2011. Meski umurnya sudah 6 tahun, ajaibnya hingga saat ini laptop tersebut masih saja ngebut.

Pasti kasih tahu kamu kok. Oh iya, tips ini juga bisa kamu pergunakan untuk PC ya, tidak hanya laptop. Toh konsepnya PC dan laptop sebenarnya mirip kok.

1. Lakukan Perawatan Hardware Secara Berkala.

Lakukan Perawatan Hardware Secara Berkala

Lakukan Perawatan Hardware Secara Berkala

Yang pertama, tips agar perangkat kamu selalu dalam kondisi prima, yaitu jelas dengan merawat hardware-nya. Kamu wajib melakukan ini minimal 1 tahun sekali. Bagaimana cara merawatnya?

-Bongkar secara menyeluruh.

-Bersihkan debu-debu.

-Ganti thermal pasta.

-Bersihkan board dengan kontak cleaner.

-Cek kabel-kabel.

-Cek kondisi baut sembari merakit ulang.

2. Upgrade RAM.

Upgrade RAM

Upgrade RAM

Saat ini untuk standar komputansi komputer sudah menggunakan rata-rata 64 bit. Perhatikan 32 bit sudah mulai ditinggalkan. Karena OS 64 bit makan cukup banyak RAM, Jaka sangat menyarankan untuk melakukan upgrade RAM minimal ke 8 GB.

Tidak hanya karena OS sih, tapi juga software-software lain saat ini cenderung makan RAM besar. Bahkan smartphone saja saat ini berlomba-lomba untuk memperbesar ukuran RAM maka semakin besar ram semakin cepat pula performa komputer anda. Jadi tidak ada salahnya kamu lakukan upgrade RAM, toh harganya masih terjangkau.

3. Melakukan Format Ulang dan Instal Ulang OS.

Melakukan Format Ulang dan Instal Ulang OS

Melakukan Format Ulang dan Instal Ulang OS

OS yang terus-menerus kita pakai, cepat atau lambat akan mengalami kerusakan. Ya, seperti inilah pengalaman yang banyak ditemukan di lapangan. Kerusakan OS sendiri terjadi karena virus hingga konfigurasi dari si pengguna tadi.

Dengan rusaknya OS, membuat kinerja ngawur dan lambat. Untuk itu kamu perlu melakukan format secara penuh pada hard disk, setelah itu lakukanlah instal ulang OS. Kamu perlu melakukan ini setidaknya 5 tahun sekali.

4. Pastikan Tidak Ada Virus.

Pastikan Tidak Ada Virus

Pastikan Tidak Ada Virus

Pastikan tidak ada virus pada sistem komputer kamu. Ini adalah hal yang cukup sering ditemukan di lapangan saat mengecek komputer orang lain yang lambat. Biasanya orang tersebut mematikan antivirus karena melakukan instalasi software bajakan.

Untuk itu, kamu perlu menginstal software antivirus yang ringan, mengingat spesifikasi komputer kita jadul atau lambat jangan menginstal aplikasi dengan rekomendasi spek yang sangat besar nanti komputer kita akan mengalami down atau hang. Bisa mempergunakan Windows Defender, Smadav, Avast, ataupun antivirus lain yang memang tergolong ringan.

5. Instal Software Pendukung yang Bisa Mempercepat Kinerja.

Instal Software Pendukung yang Bisa Mempercepat Kinerja

Instal Software Pendukung yang Bisa Mempercepat Kinerja

Usaha selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan instal software pendukung seperi CCleaner aplikasi ini berguna untuk membersihkan file sampah yang ada dihard disk kita. Meski tergolong sederhana, tapi terbukti ampuh untuk membantu memaksimalkan kinerja sistem komputer kamu.

Atau untuk beberapa software lainnya, sebenarnya saya sudah pernah mengulasnya. Untuk itu, kamu bisa membacanya melalui tautan yang sudah Jaka sediakan berikut ini.

Demikianlah Tips Untuk Buat Komputer Jadul Tetap Ngebut, semoga bermanfaat.

No Response

Leave a reply "Inilah Tips Untuk Buat Komputer Jadul Tetap Ngebut"