Bagaimana Cara Mendeveloper Android Dapat Uang Dari Aplikasi Buatannya

sioot.com. Berita Tekno-Bagaimana Cara Mendeveloper Android Dapat Uang Dari Aplikasi Buatannya. Developer aplikasi maupun game Android adalah salah satu pekerjaan yang cukup menantang dan memiliki gaji lumayan besar.

Membuat game atau aplikasi adalah hal yang sangat sulit. Tapi tidak semua developer Android bekerja dengan orang lain. Banyak dari mereka yang bekerja secara mandiri.

Untuk developer yang tidak bekerja dengan orang lain, apakah kamu pernah berpikir bagaimana cara mereka mendapatkan uang dari aplikasi atau game yang sudah mereka buat?

Kali ini JalanTikus akan merangkum beragam hal untuk menghasilkan uang dari aplikasi atau game yang sudah dibuat.

Banyak dari aplikasi maupun game yang ada di Google Play Store bisa diunduh secara gratis. Meski begitu, tetap ada saja beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari aplikasi yang sudah dibuat. Berikut ulasannya.

1. Memasang Iklan.

Memasang Iklan

Memasang Iklan

Memasang Iklan adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan dari aplikasi yang sudah kamu buat. Kamu bisa menambahkan beberapa tipe iklan di dalamnya, mulai dari banner ads, overlay ads hingga interestitial ads.

Pastikan iklan yang kamu pasang tidak mengganggu orang yang menggunakan aplikasi kamu. Hal ini ditujukan agar orang tersebut tidak uninstall aplikasi buatanmu.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 60% aplikasi Android yang menggunakan iklan di dalamnya. Google sendiri memiliki media untuk memudahkan kamu dapat uang tambahan, yaitu Google Adsense.

2. In-App Purchase.

In-App Purchase

In-App Purchase

Beberapa dari kalian pasti pernah membeli aplikasi, game, item di dalam, buku hingga film di Google Play Store menggunakan uang asli. Dalam hal ini juga membantu para developer mendapatkan uang tambahan.

Konsumsi konten digital saat ini lebih mudah karena beberapa operator di Indonesia sudah bisa digunakan untuk media pembayaran In-App Purchase. Artinya, kamu bisa beli aplikasi Android pakai Pulsa.

3. Subscriptions.

Subscriptions

Subscriptions

Subscriptions atau langganan juga cara yang bisa dilakukan untuk me-monetize aplikasi yang kamu buat. Kamu bisa membuat sistem langganan dengan durasi setiap bulan, hingga setiap tahun sekali.

Para pengguna di Indonesia juga bisa menggunakan pulsa untuk membayar Subscription atau dengan uang asli untuk membayarnya.

4. Berafiliasi.

Berafiliasi

Berafiliasi

Jika kamu merasa aplikasi yang kamu buat sudah cukup besar sekali, sepertinya sudah saatnya untuk berafiliasi atau kerja sama dengan orang lain. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan antara lain membuat nama aplikasi kita semakin terkenal, memperoleh user baru, dan masih banyak lagi.

5. Menjual Aplikasi.

Menjual Aplikasi

Menjual Aplikasi

Jika kamu memiliki kemampuan membuat aplikasi atau game Android kamu bisa menjual game yang kamu buat tadi, dan kamu bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menjual aplikasi yang berhasil kamu buat, tentu beserta source code-nya.

6. Menjual Data Pengguna.

Menjual Data Pengguna

Menjual Data Pengguna

Hal ini tentu tidak boleh dilakukan oleh para developer. Walau bisa mendatangkan uang, tapi data pengguna sifatnya rahasia. Jika kamu ketahuan menjual data pengguna aplikasi kamu, terutama data-data sensitif, bisa saja kamu dihukum dan dipidana penjara.

Demikianlah Bagaimana Cara Mendeveloper Android Dapat Uang Dari Aplikasi Buatannya, semoga bermanfaat.

No Response

Leave a reply "Bagaimana Cara Mendeveloper Android Dapat Uang Dari Aplikasi Buatannya"