Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Atau Rusak

Kartu Memori (SD Card) atau yang biasa disebut memori eksternal adalah salah satu perangkat wajib yang harus dimiliki di dalam smartphone kamu. Kartu Memori atau Memory Card ini sangat berguna untuk menyimpan data-data, walaupun telah banyak smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Tetapi bagaimana jika kartu memori yang anda gunakan tidak dapat terbaca di smartphone kalian? Wah, padahal banyak sekali data-data berharga yang tersimpan dalam kartu memori tersebut. Tenang, berikut ini ada beberapa cara untuk memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca, mari kita simak :

Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Atau Rusak

1.Bersihkan Kartu Memori

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mematikan perangkat smartphone kalian, kemudian ambil memory card ( kartu memori ). Kemudian gosoklah bagian kartu yang berwarna keemasan atau biasa disebutlempeng tembaga menggunakan penghapus pensil secara perlahan dan hati-hati sampai bersih. Jangan sampai memberikan luka atau lecet pada lempeng tembaga tersebut. Jika sudah, masukkan kembali dalam smartphone kamu, hidupkan smartphone dan periksalah apakah kartu memori sudah terbaca lagi atau belum.

2. Lakukan Format Dari Android

cara format kartu memori

cara format kartu memori

Apabila langkah pertama belum berhasil, cobalah melakukan format dari android. Caranya adalah dengan masuk ke menu Setting —-> Storage. Di situ terdapat pilihan erase SD Card, dengan meng-erase SD Card maka kartu memori kamu akan kembali bersih seperti baru.

3. Lakukan Format Dari PC

Hubungkan perangkat smartphone kamu ke PC komputer. Apabila kartu memori dapat terbaca di PC komputer, tetapi tidak dapat terbaca di smartphone, langkah yang kalian lakukan adalah dengan melakukan format dari PC. Caranya adalah :

  • Buat folder baru di HardDisk, beri nama suka-suka kamu. Folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara atau backup isi kartu memori yang tidak terbaca di smartphone tadi.
  • Copy seluruh isi kartu memori lalu paste kan ke dalam folder baru yang sudah dibuat tadi.
  • Jika sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut. Klik kanan—->format
  • Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat tadi.
  • Sekarang cek lagi, apakah sudah dapat terbaca atau belum

4. Cek Error Dari PC

  • Hubungkan smartphone kamu ke laptop atau PC dengan kabel data.
  • Pastikan  smartphone kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  • Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai.
  • Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

Kalian dapat mengulangi langka-langkah di atas bila kartu memorimu belum juga terbaca. Semoga cara-cara ini dapat membantu.

 

Mohon Bagikan Ya.. Terimakasih
Diaz Oktavino
"Webmaster Jr
No Response

Leave a reply "Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Atau Rusak"