7 Cara Aman Merawat Kamera DSLR Kesayangan

No comment 517 views

Memiliki kamera DSLR menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan kamera tersebut, sang pemiliki dapat mengabadikan kejadian-kejadian penting. Meski telah ada Smartphone yang mendukung pengambilan gambar.

Namun, gambar atau foto yang dihasilkan oleh kamera jauh lebih berkualitas dibadingkan dengan kamera Smartphone. Sayangnya, memiliki kamera DSLR tidak mudah. Karena kamu harus bisa merawatnya dengan baik. Jika tidak, maka akan cepat rusak.

Oleh karena itu, untuk membantu kamu merawat kamera kesayangan mu. Pada postingan ini akan di informasikan 7 cara merawat kamera DSLR agar lebih awet. Dan yang terpenting cara ini aman dan mudah dilakukan. Berikut adalah caranya.

1. Hindarkan Kamera Dari Air

Meski kamera DSLR mu diklaim tahan terhadap air. Sebaiknya kamu sebisa mungkin untuk menjauhkannya dari terkena air secara langsung. Sebab pada dasarnya kamera sangat sensitif terhadap air. Sebab bisa saja air masuk ke dalam komponen melalui celah-celah kecil.

Sehingga dapat menyebabkan komponen yang ada pada bagian dalam mengalami kerusakan. Dan biasanya satu kerusakan kecil yang tidak terlihat dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar. Bahkan bisa membuat kamera DSLR mu rusak dan tidak dapa digunakan lagi.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi. Maka langkah yang paling tepat adalah dengan menjauhkannya dari terkena air secara langsung. Dengan demikian, kamera milik kamu akan lebih awet dan bisa digunakan terus untuk mengabadikan moment-moment penting.

2. Bersihkan Lensa Secara Berskala

Lensa kamera adalah salah satu komponen terpenting dari kamera DSLR. Oleh sebab itu, menjaga kebersihannya adalah hal yang wajib dilakukan. Tujuannya agar foto yang dihasilkan bisa lebih bagus.

Jika lensa dalam keadaan kotor. Maka ini akan membuat gambar yang dihasilkan kurang maksimal. Karena, kotoran tersebut akan mengganggu lensa untuk menangkap gambar secara maksimal.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membersihkan bagian lensa secara berskala. Kamu dapat menggunakan cleaning kit untuk membersihkannya. Cleaning kit adalah cairan khusus yang berguna untuk menjaga kebersihan lensa dari debu dan jamur.

3. Beri Pelindung Pada LCD Kemera

Untuk menjaga lensa tetap dalam kondisi prima. Selain membersihkannya secara berskala menggunakan cleaning kit. Kamu juga harus memasang pelindung pada lensa tersebut. Salah satunya dengan memasang screen guard.

Pelindung tersebut berguna untuk melindungi lensa agar tidak tergores. Selain itu supaya lensa kamera lebih awet, maka disarankan untuk memasang UV filter pada lensa. Hal ini tidak akan mengurangi kualitas dari gambar yang dihasilkan.

Jika screen guard melindungi lensa dari goresan. Maka UV filter berfungsi untuk menjaga lensa kamera dari pengaruh tidak baik sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Juga filter ini akan mencegah lensa terkena debu atau kotoran lainnya.

4. Jaga Kebersihan Body

Body kamera juga harus kamu perhatikan jika tidak ingin cepat rusak. Karena body juga bagian penting dari kamera. Jika body kamera DSLR mu kotor, maka kotoran tersebut bisa masuk ke dalam mesin kamera.

Kamu dapat menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkannya. Sebab, minyak kayu putih memiliki kandungan air yang sedikit dan lebih cepat kering. Selain itu, dipasaran telah banyak tersedia cairan pembersih khusus untuk body kamera.

5. Rawat Baterai Kamera Secara Berskala

Umumnya kamera DSLR menggunakan baterai lithium-ion. Baterai jenis ini memiliki usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Agar baterai kamera mu memiliki usia lebih lama, sebaiknya janga men-charger baterai ketika masih memiliki banyak daya.

Juga sebaiknya jangan menaru baterai pada suhu ekstrem (sekitar 43 derajat). Dan bila tidak akan digunakan dalam jangka panjang, disarankan untuk mengisi daya hingga penuh.

Baterai merupakan komponen yang sangat penting bagi kamera. Sebab tanpa baterai kamera tidak dapat digunakan. Atau, jika kondisi baterai sudah tidak prima, maka fungsi dari kamera tersebut juga ikut menurun.

6. Pasang Lens Hood

Funsi utama dari lens hood adalah mencegah cahaya buruk matahari berlebihan masuk ke dalam sensor kamera. Selain itu, perangkat ini juga akan membuat tampilan kamera lebih keren dan menarik. Maka, saat akan menggunakan di ruangan terbuka, sangat disarankan untuk memasang ens hood.

7. Simpan Kamera Menggunakan Tas Khusus

Ketika hendak membawa kamera, sebaiknya kamu menggunakan tas khusus. Tas tersebut umumnya diberi bantalan empuk. Sehingga bisa meminimalisir benturan. Tentu akan membuat kamera DSLR kesayangan mu lebih awet.

Selain itu, jika kamera tidak digunakan. Maka simpan kamera mu menggunakan tas tersebut di tempat yang bersih. Juga disarankan tempat penyimpannya jauh dari jangkauan anak-anak.

Itulah 7 cara merawat kamera DSLR. Silahkan lakukan satu demi satu cara-cara di atas. Dengan demikian kamera DSLR mu akan lebih awet. Dan tentunya akan tetap berfungsi dengan maksimal untuk mengabadikan moment-moment indah mu.

Mohon Bagikan Ya.. Terimakasih
author
No Response

Leave a reply "7 Cara Aman Merawat Kamera DSLR Kesayangan"