7 Tips Memotret Menggunakan Ponsel Android

No comment 585 views

Sekarang ini mengabadikan moment-moment menarik sering kali kita lakukan. Ada yang menggunakan kamera DSLR, namun lebih banyak yang menggunakan kamera pada Smartphone yang mereka miliki. Dan umumnya hasil dari kamera DSLR jauh lebih baik dari kamera Smartphone.

Namun, bagi kamu yang suka mengabadikan moment-moment yang di lalui menggunakan kamera pada ponsel Android jangan berkecil hati karena foto yang dihasilkan kurang maksimal. Sebab, kamu tetap bisa mendapatkan gambar yang bagus dari kamera ponsel pintar yang kamu gunakan.

Sebenarnya, kualitas gambar yang dihasilkan oleh ponsel Android ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah merek dan tipe Smartphone. Sebab ada beberapa tipe Smartphone Android yang memiliki kualitas foto yang tidak kalah dengan kamera DSLR.

Selain faktor di atas, ada juga fakto lainnya. Misalnya saja kemampuan kita dalam memotret. Meski kita memotret menggunakan kamera yang bagus, namun bila tidak bisa mengambil gambar dengan baik maka hasilnya bisa kurang maksimal, begitupun sebaliknya.

Maka dari itu, pada postingan ini akan di paparkan tips-tips memotret menggunakan ponsel Android. Sehingga kamu bisa menghasilkan gambar yang lebih baik dari sebelumnya. Berikut adalah tips-tipsnya.

1. Membersihkan Lensa Kamera

Tips pertama sebelum mengambil gambar menggunakan ponsel cerdas kamu. Sebaliknya kamu membersihkan lensa kamera tersebut terlebih dahulu. Sebab, lensa kamera yang kotor akan mempengaruhi foto yang dihasilkan.

Kamu bisa membersihkan lensa tersebut menggunakan tisu atau kain yang halus. Hal ini bertujuan agar lensa kamera tidak tergores. Dengan dibersihkan menggunakan tisu atau kain halus maka debu dan minyak yang menempel bisa hilang. Karena debu dan minyak tersebut akan membuat gambar yang dihasilkan tampak kabur.

2. Manfaatkan Fitur Touch-to-Capture

Saat foto selfie, kamu pasti akan merasa sulit menekan tombol khusus untuk memotret. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memanfaatkan fitur touc-to-capture. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menyentuh semua bagian layar ponsel untuk memotret.

3. Bidik Gambar Secara Lanskap

Salah satu cara untuk mendapatkan gambar yang bagus adalah dengan membidik secara lanskap atau miring. Karena gambar yang didapatkan akan lebih lebar. Ini akan jauh lebih bagus daripada gambar yang di ambil secara potret (berdiri).

Namun, ada juga hal yang tidak cocok di ambil secara lanskap. Sehingga harus di ambil secara potret agar gambar yang dihasilkan lebih bagus. Oleh karena itu, kamu harus bisa menyesuaikan mana yang cocok untuk digunakan.

4. Jangan Menggunakan Digital Zoom

Terkadang kita sering menggunakan digital zoom untuk mendekatkan objek yang akan di ambil. Perlu diketahui, penggunaan digital zoom dapat mengurangi kualitas dari gambar. Pasalnya, fitur ini akan mempersempit pilihan editing foto yang dihasilkan.

Sehingga sangat direkomendasikan untuk mendekatkan kamera ke objek yang akan dibesarkan, kecuali pada kondisi tertentu atau tidak memungkinkan maka gunakan digital zoom untuk mendekatkan objek yang akan dibidik.

5. Aturan Pertiga

Aturan pertiga merupakan trik yang biasa digunakan dalam dunia fotografi untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih baik. Untuk menggunakan cara ini adalah dengan menggunakan grid dua horizontal dan vertikal saat mengambil foto.

Objek yang akan di ambil harus berada di salah satu dari empat persimpangan garis secara teoritis. Sehingga posisi pengambilan gambar dapat lebih mudah disesuaikan. Ini akan membantu kamu mengambil posisi yang paling cocok untuk memotret.

6. Gunakan Mode HDR

Mode ini terdapat di sebagian besar kamera ponsel Android. Mode HDR berfungsi untuk mengambil objek foto stasioner dan memastikan pencahayaan dan bayangan dalam foto terekspos secara merata. Sehingga gambar yang dihasilkan akan lebih bagus.

7. Gunakan Filter Post-processing

Filter post-processing ini bisa memperindah foto yang dihasilkan dari ponsel pintar kamu. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak menggunakan fitur ini untuk memotret. Fitur ini telah tersedia di hampir semua kamera Smartphone Android.

Fitur ini akan membuat foto yang dihasilkan lebih berkarakter. Namun penggunaan yang tidak tepat justru akan membuat gambar yang diperoleh menjadi jelek. Oleh karena itu, kamu harus bisa menyesuaikan pemilihan efek yang tepat.

Demikian ulasan tentang 7 tips memotret menggunakan ponsel Android agar menghasilkan gambar yang bagus. Jika kamu, orang yang suka foto-foto memakai Smartphone cobalah tips-tips di atas untuk mendapatkan gambar yang lebih cantik.

Mohon Bagikan Ya.. Terimakasih
author
No Response

Leave a reply "7 Tips Memotret Menggunakan Ponsel Android"