Tips Sebelum Meng-Instal Aplikasi untuk Smartphone Android

Aplikasi merupakan salah satu kebutuhan para pengguna Smartphone Android. Karena dengan menambah aplikasi baru dari pihak ketiga. Maka ponsel cerdas kamu akan memiliki lebih nanyak fitur baru sesuai yang kamu inginkan.

Sayangnya, sekarang ini banyak sekali aplikasi yang justru merugikan para penggunanya. Sehingga, kamu harus hati-hati dalam meng-instal aplikasi di Smartphone kamu. Agar terhindar dari dampak buruk yang disebabkan oleh aplikasi yang di instal.

Oleh karena itu sebelum melakukan peng-instal-an aplikasi baru. Kamu wajib membaca tips-tips berikut ini.

1. Instal Aplikasi yang Berkualitas

Sebelum meng-instal aplikasi, pastikan perangkat lunak tersebut merupakan aplikasi yang berkualitas. Sebab, jika kamu salah memilih aplikasi, kamu sendiri yang akan rugi. Bahkan bisa jadi aplikasi yang kamu instal tersebut membahayakan ponsel Android mu.

Maka sangat disarankan untuk melakukan riset kecil-kecilan terhadap aplikasi atau game yang diminati. Riset disini terdiri dari seberapa bagus riview dari pengguna lain. Usahakan untuk memilih aplikasi yang memiliki banyak riview bagus.

Juga kamu lihat nilai rata-rata dari perangkat lunak tersebut. Umumnya, aplikasi yang bagus mempunyai nilai di atas 4. Dan lihat juga berapa banyak jumlah bintang yang diberikan pengguna lain (antara 1 sampai 5).

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan tanggal update terakhir dari sebuah aplikasi. Sebab, aplikasi yang bagus adalah aplikasi yang terus dikembangkan dengan memberikan update terbaru dan informasi tentang pengembang juga harus jelas.

2. Instal Aplikasi yang Digunakan

Agar ponsel pintar kamu tidak mengalami loading yang lambat. Sebaiknya kamu meng-instal aplikasi seperlunya, dan pastikan aplikasi tersebut benar-benar digunakan. Sebab jika terlalu banyak aplikasi yang ter-instal di Smartphone Android mu akan membuat lodingnya menjadi lambat. Terlebih jika RAM ponsel Android kamu kecil. Ini akan membuat kinerjanya kurang maksimal.

Bukan hanya itu, terlalu banyak aplikasi juga menyebabkan baterai ponsel cepat habis. Aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan juga akan terus menguras daya baterai. Oleh karena itu instal aplikasi seperlunya saja.

Sebaiknya kamu juga menghapus atau unistal aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Sebab perangkat lunak tersebut hanya menguras baterai dan memperlambat kinerja Smartphone. Tentu ini sangat merugikan diri kamu sebagai pengguna. Maka, gunakan aplikasi seperlunya dan instal aplikasi yang dibutuhkan.

3. Jangan Instal Aplikasi yang Memiliki Fungsi yang Sama dengan Aplikasi yang Telah Ada

Selain sering meng-instal aplikasi yang tidak dibutuhkan. Banyak orang juga memasang perangkat lunak yang memiliki fungsi yang sama dalam satu Smartphone. Sehingga akan menguras banyak RAM yang membuat kenerja ponsel menurun.

Juga, aplikasi-aplikasi tersebut akan menguras daya baterai. Sehingga baterai cepat habis dan kamu harus sering-sering mengisi ulang baterai tersebut.

4. Pilih Aplikasi yang Mendukung Versi Android Kamu

Operasi sistem Android dapat dikatakan sering mengeluarkan versi terbaru. Sehingga, sejumlah pengembang aplikasi juga melakukan langkah yang sama. Ini membuat beberapa aplikasi terbaru tidak dapat berfungsi dengan baik di Android versi lawas.

Jadi sebelum meng-instal aplikasi. Sebaiknya kamu mengecek apakah versi Android yang kamu gunakan mendukung peng-instal-an aplikasi yang kamu inginkan. Ini untuk menghindari kuota internet kamu terbuang sia-sia.

Sebab, jika aplikasi yang kamu instal tidak berfungsi dengan baik. Tentu perangkat lunak tersebut tidak kamu gunakan. Dan jika tidak di uninstal maka akan membuat kinerja ponsel pintar menurun.

Dengan demikian kamu akan kehilangan kuota secara cuma-cuma tanpa merasakan manfaatnya. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk mengecek terlebih dahulu, apakah aplikasi yang kamu inginkan mendukung versi Android yang digunakan. Jika mendukung, download perangkat lunak tersebut lalu instal. Begitupun sebaliknya, jika tidak mendukung, maka urungkan niat kamu.

5. Download Aplikasi Dari Google Play Store atau Website Resminya

Sekarang banyak sekali website yang menyediakan aplikasi untuk Android dari berbagai pengembang. Namun, tidak semua website tersebut dapat dipercaya. Sebab, ada beberapa website yang membagikan aplikasi Android yang telah mereka tanami malware. Aplikasi tersebut tentu akan berdampak buruk pada Smartphone kamu.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk men-download aplikasi dari Google play store atau dari website resmi pengembangnya secara langsung. Dengan demikian, Smartphone Android kamu akan terhindar dari bahaya malware yang merugikan diri kamu. Jadi, pastikan kamu men-download aplikasi dari website yang benar-benar aman.

Demikian 5 tips sebelum meng-instal aplikasi di Smartphone Android kamu. Silahkan lakukan tips-tips tersebut sebelum meng-instal aplikasi baru. Sebab, jika asal instal kamu sendiri yang akan dirugikan.

author
No Response

Leave a reply "Tips Sebelum Meng-Instal Aplikasi untuk Smartphone Android"