Aplikasi yang Menguras Paling Banyak Kuota di Smartphone Android

Smartphone Android menawarkan banyak sekali fitur dan aplikasi. Semua itu, tentu akan membuat pengguna semakin dimanjakan.

Namun, ada beberapa aplikasi yang dapat menyebabkan kuota internet cepat habis jika tidak digunakan secara bijak. Berikut ada 6 aplikasi yang paling banyak menguras kuota.

1. YouTube

Seperti yang kita tahu video yang ada di YouTube membutuhkan kuota yang cukup besar untuk di akses. Jadi tidak heran jika aplikasi ini bisa dikatakan sebagai aplikasi yang paling boros dalam penggunaan kuota internet.

Apalagi jika kamu sering menggunakan aplikasi ini untuk menonton video yang tersedia di situs YouTube.com. Untungnya, aplikasi ini tidak menggunakan fitur auto play. Sehingga, penggunaan data internet ditentukan oleh penggunanya, semakin sering menonton video, maka kuota internet akan semakin cepat habis.

Kabar buruknya, kebanyakan dari kita sering lupa waktu ketika sudah asyik melihat video-video yang ada disana. Ini menyebabkan penggunaan data internet semakin tinggi, yang membuat kuota cepat terkuras habis.

Maka dari itu, untuk menghemat kuota sebaiknya kamu membatasi waktu untuk melihat video dari YouTube. Kamu juga dapat menghemat kuota dengan, menonton video dengan resolusi yang rendah atau menyimpan video tersebut di Smartphone agar bisa di tonton secara offline.

2. Aplikasi Netflix

Di era digital seperti sekarang, kita bisa menonton film yang keren hanya dengan berlangganan Netflix. Netflix sendiri menyediakan berbagai film dari yang terbaru sampai film lawas.

Aplikasi ini membuat pengguna Smartphone semakin dimanjakan, terutama untuk para pecinta film. Sayangnya, untuk melihat film-film yang ada di Netflix, kamu membutuhkan kuota internet yang super besar.

Bayangkan saja, ketika menonton video HD yang memiliki durasi sekita 45 menit kita membutuhkan kuota kurang lebih 750 Mb. Ini sudah pasti akan menguras lebih banyak kuota internet kamu.

Maka dari itu, kamu harus lebih bijak dalam menggunakan aplikasi ini untuk nonton film. Sebab, semakin banyak kamu menonton film, maka kebutuhan kuota akan semakin besar yang menyebabkan kuota internet cepat habis.

3. Spotify

Spotify merupakan salah satu aplikasi untuk mendengarkan lagu secara online. Aplikasi ini menawarkan jutaan lagu dengan kualitas terbaik. Sehingga akan terasa menyenangkan saat mendengarkan lagu menggunakan aplikasi ini.

Sayangnya, jika kita terlalu sering atau dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan pemborosan kuota internet. Oleh karena itu, gunakan aplikasi ini secara bijak.

Untuk menghemat kuota, kamu bisa mendownload lagu-lagu favorit kemudian mendengarkannya secara offline. Namun, hanya pengguna premium yang diperbolehkan untuk mengunduh lagu tersebut.

4. Aplikasi Sosial Media Facebook

Aplikasi Facebook merupakan salah satu aplikasi yang hampir ada di semua Smartphone. Sebab, aplikasi ini sudah ter-instal sejak ponsel pertama kali di hidupkan, atau bisa disebut aplikasi bawaan.

Sebenarnya penggunaan data internet tidak terlalu banyak jika fitur auto play video di nonaktifkan. Sayangnya, banyak pengguna yang tidak menyadari hal ini, sehingga fitur ini terus dalam keadaan aktif, yang membuat kuota internet cepat terkuras habis.

Kabar buruknya, video yang ada di Facebook lebih sulit dimuat daripada video yang ada di YouTube. Tentu saja, Ini akan membuat penggunaan data yang menjadi lebih besar.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menonaktifkan fitur auto play yang ada di aplikasi Facebook untuk lebih menghemat kuota. Caranya dengan masuk menu pengaturan, lalu pilih putar otomatis kemudian pilih opsi “jangan pernah putar video otomatis” atau “putar otomatis di koneksi wifi saja”.

Selain itu, untuk menghemat kuota, kamu juga bisa menonaktifkan fitur ” unggah semua foto dalam HD” dan “unggah semua video dalam HD”. Atau kamu bisa menghapus aplikasi ini dan beralih ke aplikasi Facebook Lite.

Sayangnya, aplikasi Facebook Lite ini memiliki banyak kekurangan fitur seperti aplikasi Facebook bawaan. Beberapa fitur seperti, status dengan background berwarna tidak tersedia di aplikasi versi Lite dan masih banyak yang lainnya.

5. Instagram

Saat ini, banyak orang yang menggunakan Instagram untuk berbagi moment penting mereka melalui media foto. Penggunaan aplikasi ini bisa menyebabkan kuota cepat habis, sebab ada beberapa fitur yang dapat menguras data internet, seperti auto play video, dan pemuatan gambar secara otomatis.

Oleh karena itu, untuk menghemat kuota sebaiknya kedua fitur tersebut dimatikan. Caranya, pergi ke pengaturan, kemudian pilih menu penggunaan data seluler. Lalu centang opsi “gunakan lebih sedikit data”. Dengan demikian, pemutaran video dan pemuatan gambar secara otomatis hanya terjadi saat menggunakan wifi saja.

6. Twitter

Sama seperti Instagram dan Facebook, aplikasi sosial media Twitter juga dilengkapi oleh fitur auto play video. Sehingga membutuhkan kuota yang tidak sedikit. Oleh karena itu, agar kuota internet lebih hemat, sangat disarankan untuk menonaktifkan fitur ini.

Caranya, kunjungi menu settings, kemudian pilih general, lalu pilih video autoplay. Kamu juga bisa menghemat kuota dengan menonaktifkan “image previews in timeline”.

Itulah 6 aplikasi yang paling banyak menguras kuota. Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi yang menyebabkan kuota cepat habis seperti Google play store. Untuk menghematnya, gunakan aplikasi yang membutuhkan data internet secara bijak.

author
No Response

Comments are closed.