Tips Untuk Mengatasi Aplikasi Google Play Store yang Error

Aplikasi Google Play Store merupakan salah satu aplikasi bawaan yang ada di hampir semua perangkat lunak Android. Google Play Store berfungsi untuk mengunduh aplikasi Android yang diinginkan.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, pengguna bisa mencari berbagai jenis aplikasi untuk bermacam-macam keperluan, baik yang berbayar maupun yang gratis. Aplikasi yang ada di Google Play Store bisa dikatakan aplikasi yang cukup aman, sebab sudah melewati beberapa tahap pengecekan sebelum di tampilkan.

Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah dengan aplikasi ini. Proses pengunduhan perangkat lunak yang gagal atau Google Play Store yang tidak bisa dibuka merupakan masalah yang paling banyak dialami oleh para pengguna.

Beberapa pesan yang muncul saat Aplikasi bawaan ini mengalami error yaitu “Google Play Store Error 491″, ” Google Play Retrieving Information From Server”, Google Play Store Error RPC” dan “Google Play Error No Connection”.

Sebagai pengguna Android kamu mungkin pernah mengalami hal ini. Namun, kamu tidak perlu takut. Karena ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Di bawah ini adalah tips-tipsnya.

1. Lihat Tanggal dan Waktu

Aplikasi ini selalu mengecek waktu pada Smartphone untuk menjalankannya. Ketika waktu tidak sesuai, maka akan muncul masalah pada aplikasi Google Play Store. Sehingga saat perangkat lunak ini bermasalah, langkah pertama yang harus di ambil adalah memeriksa waktu di ponsel pintar.

Jika hal ini yang menyebabkan Google Play Store Error. Untuk memperbaikinya, kamu harus menyesuaikan waktu yang ada di Smartphone. Mudahnya, kamu dapat mengatur format pendekteksi waktu secara otomatis.

Caranya, silahkan buka menu pengaturan. Setelah itu, pilih “tanggal & waktu” pada bagian sistem. Kemudian pada opsi “tanggal & waktu otomatis” pilih “Gunakan waktu yang disediakan oleh jaringan”. Maka secara otomatis tanggal akan diperbaharui secara otomatis sesuai dengan daerah tempat tinggal kamu.

2. Periksa Koneksi Internet

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun bukan tidak mungkin bisa terjadi. Bisa saja aplikasi Google Play Store mengalami Error jika jaringan kurang stabil atau kuota internet telah habis.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mengecek sisa kuota internet yang tersedia. Jika masih ada, maka coba lihat jaringan yang digunakan, usahakan kamu memakai minimal jaringan 3G.

Jika kuota masih tersedia dan telah menggunakan jaringan 3G. Sebaiknya kamu mencoba beralih dari jaringan seluler ke wifi. Namun, jika masalah masih muncul, mungkin faktor lain yang menjadi penyebab.

3. Perbaharui Google Play Services

Google Play Store membutuhkan Google Play Service untuk beroprasi. Maka dari itu, kamu harus meng-instal Google Play Service versi terbaru. Karena beberapa perangkat Android masih menggunakan versi lama, terutama Smartphone keluaran lawas.

Jadi, ketika terjadi masalah di aplikasi Google Play Store, sebaiknya kamu melihat versi dari Google Play Service. Jika masih menggunakan versi lama, disarankan untuk segera melakukan pembaharuan.

4. Perbaharui Google Play

Mungkin yang membuat perangkat lunak ini mengalami error karena masih menggunakan versi lama. Meski hal ini sangat jarang terjadi, sebab pada umumnya aplikasi ini akan melakukan pembaharuan secara otomatis. Namun tidak ada salahnya jika kamu mengeceknya.

Pastikan saat melakukan pengecekan kamu menggunakan Google Play Store versi terbaru. Jika tidak, maka segera melakukan pembaharuan terhadap aplikasi ini. Karena jika masih menggunakan versi lawas, bisa jadi ini penyebab masalah yang muncul.

5. Membersihkan Cahce dan Data Google Play

Jika Google Play Store masih mengalami masalah, maka coba untuk membersihkan cahce yang ada pada aplikasi ini. Di beberapa kasus, masalah error bisa di atasi dengan cara ini.

Cahce sendiri merupakan data penyimpanan sementara. Fungsinya untuk mempercepat pemuatan ulang. Oleh karena itu, terkadang cahce bisa menyebabkan masalah dan harus segera dibersihkan.

6. Mematikan VPN

Dengan mengaktifkan VPN kamu bisa mendapatkan informasi menarik di luar wilayah geografis kamu. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan perangkat lunak Google Play Store dari negara lain.

Meski demikian, VPN dapat menyebabkan masalah pada aplikasi Google Play Store di lokasi kamu tinggal. Maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba menonaktifkan VPN untuk mengatasi Google Play yang error.

Itulah 6 tips sederhana untuk mengatasi masalah yang muncul di aplikasi Google Play Store. Lakukan satu demi satu tips di atas untuk mengatasinya hingga masalah bisa di atasi dan aplikasi berjalan normal.

author
No Response

Leave a reply "Tips Untuk Mengatasi Aplikasi Google Play Store yang Error"