Kamera Digital: 9 Jenis yang Perlu Kamu Ketahui

Kamera digital pertama kali dirilis pada akhir tahun 1990-an. Beragam jenis kamera pun mulai bermunculan sejak saat itu dengan kemampuan masing-masing.

Setidaknya, ada 9 jenis kamera digital dari pertama kali muncul hingga saat ini. Jika kamu seorang yang suka dengan aktivitas memotret, maka kamu wajib mengetahui berbagai jenis kamera tersebut.

Oleh karena itu, pada postingan ini akan di informasikan tentang 9 jenis kamera yang dimaksud. Berikut adalah kesembilan jenis kamera tersebut.

1. Bridge Camera (Prosumer)


Brigde camera bisa dikatakan menggabungkan fleksibilitas kamera saku dengan fitur yang ada di kamera DSLR. Meski demikian, ukuran kamera Prosumer ini masih lebih besar dibandingkan dengan kamera saku.

Bukan hanya itu, dari segi kecanggihan fitur Brigde Camera masih jauh di bawah kamera DSLR. Misalnya saja, ukuran sensor Brigde Camera yang lebih kecil dari kamera DSLR.

2. Compact Camera (Kamera Saku)

Kamera jenis ini didesain agar lebih mudah dipakai oleh semua orang. Hal ini membuat fitur yang ditawarkan tidak terlalu banyak, bahkan hampir semua fitur diatur secara otomatis.

Meski telah ada sebelum era kamera digital dan memiliki fitur yang seadanya. Namun Compact Camera masih digunakan oleh banyak orang.

3. Action Camera (Kamera Aksi)

Belakangan, banyak sekali anak muda yang menggandrungi kamera jenis ini. Pada umumnya kamera aksi banyak digunakan untuk membuat video daripada untuk memotret.

Dengan bentuk yang relatif kecil, membuat Action Camera bisa dipasang di bagian tertentu kendaraan, bahkan di atas helm. Hal ini menjadikan kamera aksi banyak dipakai oleh para olahragawan ekstrem maupun vlogger.

4. Kamera DSLR

Kamera DSLR bisa dikatakan sebagai salah satu kamera paling canggih. Sebab, kamera jenis ini memiliki berbagai fitur yang mumpuni. Sehingga foto-foto yang dihasilkan terlihat lebih bagus dan berkualitas.

Bahkan beberapa kamera DSLR keluaran terbaru dapat dipakai untuk merekam video dengan kualitas HD (high definition). Tidak heran jika kamera tipe ini banyak sekali digunakan oleh para vlogger untuk membuat karya-karyanya.

5. Kamera Mirrorless

Kamera ini tidak memakai cermin seperti kamera DSLR. Hal ini membuatnya memiliki ukuran yang lebih ringkas dari DSLR. Meski demikian, untuk kemampuan yang dimiliki dapat disejajarkan dengan kamera DSLR middle-end.

Pada umumnya, sensor kamera mirrorless ini berkatagori 4/3. Hal ini membuatnya mampu disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga bisa menciptakan foto yang mempunyai kualitas hampir setara kamera DSLR.

6. Kamera Video


Kamera tipe ini hanya bisa digunakan untuk mengambil video saja. Jadi tidak dapat dipakai untuk mengambil foto seperti kamera digital pada umumnya.

Meski demikian, kamera video sangat bermanfaat bagi para kontributor televisi. Sebab, hasilnya dapat langsung diedit menggunakan komputer dan dikirim melalui internet. Hal ini membuatnya sangat cocok digunakan untuk meliput.

7. Boutique Camera (Kamera Butik)

Boutique Camera memiliki bentuk yang ringkas. Namun, kamera ini memiliki sensor fullframe yang melebihi kamera DSLR. Sayangnya harga dari kamera butik sangat mahal, bahkan ada yang tembus hingga Rp 71.000.000 (Tujuh puluh satu juta rupiah).

Dengan harga yang sangat mahal, kamera ini memiliki ukuran lebih kecil dari kamera saku dan dilengkapi oleh fitur yang lebih canggih dari DSLR.

8. Kamera Medium Format

Umumnya kamera jenis ini digunakan untuk kebutuhan komersial. Sebab, dapat menghasilkan gambar yang sangat bagus dan detail. Tentu saja lebih baik dari kamera DSLR.

Seperti halnya Boutique Camera, harga Kamera Medium Format sangat mahal. Mungkin hanya fotografer profesional saja yang memilikinya.

9. Kamera Ponsel


Sekarang ini banyak sekali Smartphone yang diperkuat oleh kamera dengan resolusi tinggi. Beberapa diantaranya menawarkan kamera di atas 13 mp. Sehingga mampu menghasilkan foto yang cukup bagus.

Hal ini menjadikan kamera ponsel sangat cocok digunakan untuk mengabadikan moment-moment menarik diri sendiri (selfie). Bahkan dengan bantuan tongkat khusus, kamu bisa mengambil foto dari berbagai sudut yang tidak mampu dicapai tangan sekalipun.

Demikianlah informasi tentang 9 jenis kamera. Apa pun jenis kamera yang kamu gunakan, sebaiknya kamu memahami berbagai fitur yang dimiliki. Dengan demikian, foto yang dihasilkan akan lebih menarik.

author
No Response

Leave a reply "Kamera Digital: 9 Jenis yang Perlu Kamu Ketahui"