5 Cara Aman untuk Mengatasi Smartphone yang Sering Panas

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna Smartphone adalah sering panas. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya spesifikasi ponsel yang seadanya.

Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan mudah jika kamu tahu caranya. Oleh karena itu, untuk membantu kamu menghadapi perkara ini. Sioot.com akan menginformasikan cara yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengatasinya.

Setidaknya ada 5 cara yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah penjelasan singkat dari kelima cara tersebut. Yang terpenting cara ini sangat aman, sehingga tidak menimbulkan efek samping.

1. Hidari Kebiasaan Membuka Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Salah satu kecanggihan yang dimiliki oleh Smartphone adalah kemampuannya untuk membuka lebih dari satu aplikasi secara bersama. Sayangnya, jika hal ini dilakukan secara tidak wajar dapat menyebabkan ponsel cerdas menjadi cepat panas.

Ini terjadi karena hardware Smartphone bekerja keras untuk mengoprasikan banyak aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu. Jika ini dilakukan dalam jangka panjang, bisa membuat ponsel pintar milik kamu mengalami kerusakan.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk menutup aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dipakai. Selain membuat ponsel menjadi panas, ini juga dapat membuat baterai menjadi cepat habis.

2. Gunakan Mode Penerbangan atau 2G Jika Jaringan Tidak Stabil

Ketika jaringan tidak stabil, antena Smartphone akan terus bekerja mencari jaringan. Hal ini bisa menyebabkan mesin menjadi panas. Oleh karena itu, dianjurkan untuk merubah jaringan dari otomatis ke 2G atau bisa juga mengaktifkan mode penerbangan.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu sedang berada di wilayah yang jaringannya tidak stabil untuk melakukan cara ini. Karena, pada umumnya jaringan 2G cukup stabil dibanyak daerah.

Namun ada beberapa daerah, terutama wilayah pedalaman yang jaringan 2G juga kurang baik. Sehingga untuk mengatasi dan menghindari panas pada Smartphone yang disebabkan oleh masalah jaringan, solusi terakhirnya adalah mengaktifkan mode penerbangan.

3. Hindari Membuka Kamera Terlalu Lama

Ketika kamu membuka kamera Smartphone, maka CPU dan GPU akan bekerja secara bersamaan. Hal ini dapat membuat konsumsi daya baterai akan semakin besar dan akan membuat ponsel menjadi cepat panas.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari penggunaan kamera terlalu lama. Apa lagi jika sampai berjam-jam secara terus menerus.

Tidak ada ruginya jika kamu segera menutup kamera ketika sudah tidak digunakan. Cukup gunakan kamera yang ada di Smartphone saat dipakai untuk mengabadikan moment-moment menarik.

Perlu diketahui, kamera Smartphone bukan didesain untuk beroprasi dalam waktu lama seperti kamera DSLR atau jenis lainnya. Maka dari itu, gunakan kamera ponsel secara bijak.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Ada banyak aplikasi Smartphone yang beroprasi atau berjalan dibelakang layar. Meski tidak dipakai aplikasi-aplikasi tersebut akan terus menguras daya baterai. Masalahnya, bukan baterai yang cepat habis, tapi ini akan membuat Smartphone menjadi panas.

Hal ini disebabkan oleh mesin ponsel yang bekerja keras untuk menjalankan aplikasi. Bahkan beberapa diantaranya adalah aplikasi yang tidak penting.

Maka dari itu, sebaiknya kamu menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting, terlebih jika kamu memakai ponsel cerdas dengan spesifikasi seadanya. Dengan demikian, kamu telah mengurangi beban kerja Smartphone.

Tentu saja ini membuat Smartphone tidak mudah panas. Selain itu, konsumsi daya baterai juga akan berkurang.

5. Matikan Smartphone Pada Malam Hari

Smartphone juga butuh waktu untuk berhenti berkerja. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum kamu tidur matikan ponsel cerdas kamu. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkannya.

Selain berfungsi untuk istirahat Smartphone. Hal ini juga untuk menghidari tidur kamu dari gangguan yang disebabkan oleh ponsel, seperti suara notifikasi yang tidak penting dari sosial media dan lain sebagainya.

Jangan khawatir jika kamu mengaktifkan alarm. Sebab, meski dalam kondisi mati, alarm akan tetap berbunyi sesuai waktu yang telah disetel. Jadi tidak perlu takut bangun kesiangan karena alarm tidak berbunyi.

Demikian ulasan singkat tentang 5 cara aman untuk mengatasi dan mencegah Smartphone panas. Silahkan lakukan kelima cara di atas untuk menghindarinya. Dengan demikian, ponsel cerdas kesayangan kamu akan lebih awet, sehingga kamu tidak sering ganti Smartphone.

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Aman untuk Mengatasi Smartphone yang Sering Panas"