7 Cara Jitu Untuk Merawat Baterai Smartphone Kesayangan Kamu

Salah satu bagian penting Smartphone adalah baterai. Ponsel cerdas dengan fitur canggih, akan terasa menyebalkan bila baterainya boros. Oleh karena baterai perlu dirawat dengan baik.

Untuk membantu merawat baterai ponsel cerdas kamu. Berikut ulasan singkat tentang cara merawat baterai Smartphone dengan baik.

1. Jangan Terlalu Sering Mengalami Low Bat

Agar elemen dalam baterai Smartphone tidak mudah rusak. Sebaiknya kamu men-charger baterai jika sudah tinggal 20%. Karena jika dibiarkan sampai habis, bisa merusak elemen baterai, yang membuat daya baterai menjadi lebih boros.

Hal inilah yang membuat beberapa Smartphone memberikan peringatan ketika daya baterai tinggal 20%. Tidak sedikit juga ponsel pintar yang mengingatkan penggunanya ketika daya baterai tersisa 15%.

Tujuan para produsen Smartphone memberikan fitur peringatan tersebut agar pengguna segera mengisi ulang baterai. Hal ini tentu saja agar baterai ponsel cerdas tidak cepat rusak.

2. Matikan Fitur Getar Pada Smartphone
Jika kamu telah mengaktifkan fitur suara untuk notifikasi yang masuk seperti, panggilan telepon, pesan masuk, dan pemberitahuan dari akun sosial media maka sebaiknya kamu menonaktifkan fitur getar. Karena, jika kedua fitur diaktifkan akan kurang efesien terhadap penggunaan daya baterai.

Dengan mematikan getar saat ada notifikasi yang masuk. Ini akan mengurangi pemakaian daya baterai. Sehingga baterai menjadi lebih awet.

Sekedar informasi, konon fitur getar pada Smartphone memakan daya baterai yang cukup banyak. Maka dengan mengaktifkannya, akan membuat baterai menjadi lebih boros.

3. Jangan Biarkan Baterai Terlalu Sering Panas
Ketika baterai ponsel cerdas terasa mulai panas. Maka sebaiknya kamu berhenti sejenak mengoprasikan Smartphone tersebut. Hal ini agar baterai tidak panas.

Karena jika baterai terlalu sering mengalami panas, bisa jadi elemen baterai mengalami kerusakan. Umumnya, baterai akan melembung jika ini terlalu sering terjadi. Lalu pada akhirnya, baterai tidak mampu menyimpan energi listrik dengan baik.

4. Atur Fitur Smartphone Agar Lebih Hemat Baterai
Ada beberapa fitur Smartphone yang dapat membuat baterai mudah habis. Hal ini tentu sangat mengganggu kesehatan baterai. Sebab, daya baterai akan terus terkuras tanpa henti, bahkan ketika ponsel cerdas kamu sedang tidak digunakan.

Yang dikhawatirkan jika fitur yang tersedia tidak di atur dengan baik bisa membuat baterai cepat panas, sebab fitur tersebut terus beroprasi. Selain itu, baterai juga akan sering mengalami low bat. Apa lagi jika kamu orang yang mudah lupa, tentu daya baterai bisa habis total.

5. Usahakan Tidak Men-Charge Baterai Ketika Masih dalam Kondisi Panas

Ketika kondisi baterai panas, sebaiknya kamu jangan melakukan charge. Sebab, bila ini dilakukan bisa membuat baterai menjadi cepat rusak. Hal ini karena, baterai Smartphone tidak didesain untuk di isi ulang ketika masih panas.

Jadi disarankan untuk men-charge Smartphone ketika suhu baterai dalam kondisi normal. Oleh karena itu, sebaiknya kamu diamkan sebentar setelah ponsel cerdas di operasikan sebelum di charge. Tujuannya untuk menormalkan suhu baterai.

6. Instal Aplikasi Penghemat Baterai
Salah satu cara untuk menghemat baterai ponsel pintar adalah dengan meng-instal aplikasi penghemat baterai. Aplikasi ini berfungsi untuk menutup aplikasi-aplikasi yang beroprasi di belakang layar.

Selain itu, aplikasi ini juga berguna untuk meng-audit penggunaan daya baterai. Sehingga kamu dapat mengetahui apa saja yang menguras baterai Smartphone. Dengan demikian, kamu bisa melakukan tindakan untuk menghemat baterai.

7. Hentikan Pemakaian Smartphone Ketika Sedang Di Charge
Saat Smartphone kamu sedang di charge, dianjurkan agar tidak menggunakannya. Hal ini karena baterai akan lebih cepat panas. Jika sudah demikian, baterai akan rusak dan tidak mampu menyimpan energi listrik dengan baik.

Apa lagi jika kamu men-charge Smartphone sambil bermain game yang membutuhkan kapasitas besar. Tentu saja ini akan membuat baterai tidak mampu menyimpan energi listrik dengan baik. Sebab, panas yang ditimbulkan oleh baterai akan merusak elemen didalamnya.

Itulah 7 cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat baterai Smartphone. Dengan perawatan yang baik, akan membuat baterai tidak mudah rusak dan bisa bertahan lama. Sehingga kamu terhindar dari mengganti baterai Smartphone.

author
No Response

Leave a reply "7 Cara Jitu Untuk Merawat Baterai Smartphone Kesayangan Kamu"