Pengertian Long Tail Keyword dan 3 Manfaatnya

Keyword merupakan kata kunci atau prasah yang ditulis oleh pengguna internet di kolom pencarian Google dan mesin pencari lainnya. Tujuannya untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Misalnya, kamu ingin mencari informasi tentang cara merawat kamera DSLR. Kamu bisa menemukan banyak tutorial untuk merawat kamera DSLR kamu dengan bantuan mesin pencari, Google contohnya.

Kamu cukup mengetikkan prasah yang berhubungan dengan apa yang ingin dicari pada kolom yang disediakan. Maka mesin pencari akan memberikan beberapa pilihan website yang mengulas kata kunci yang kamu tulis tadi.

Berdasarkan jumlah katanya, keyword dibagi dalam 3 jenis. Ketiga jenis tersebut adalah head keyword, body keyword dan long tail keyword. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan singkat tentang ketiga keyword tersebut.

1. Head Keyword
Head keyword adalah kata kunci yang hanya mempunyai satu buah kata. Misalnya, bunga, mobil, kereta, Smartphone, komputer dan lain-lain.

Jika kita mengetikan keyword ini di kolom pencarian mesin pencari. Maka hasil penelusuran akan menujukan beberapa website yang menginformasikan keyword yang diketikan tadi.

Untuk head keyword, umumnya hasil pencarian akan menunjukan website-website otoritas. Jika kamu seorang blogger yang ingin membidik kata kunci jenis ini, maka akan sangat sulit untuk masuk halaman pertama mesin pencari. Sebab, kamu akan bersaing dengan website-website otoritas yang sudah memiliki nilai di mata mesin pencari.

2. Body keyword
Jika head keyword adalah kata kunci yang berjumlah satu kata. Maka body keyword merupakan prasah yang berjumlah 2 sampai 3 kata.

Beberapa contoh dari body keyword seperti, cara merawat bunga, Smartphone murah, dan lain-lain. Biasanya body keyword juga mempunyai tingkat persaingan yang relatif tinggi di mesin pencari.

Hal ini karena body keyword merupakan kata kunci yang cakupannya cukup luas. Sehingga banyak sekali keyword turunan yang ikut bersaing di halaman satu mesin pencari.

3. Long Tail Keyword
Long Tail Keyword merupakan kata kunci yang memiliki jumlah 4 kata ke atas. Misalnya, cara merawat baterai Smartphone Android, tips menghilangkan jerawat batu dan lain sebagainya.

Umumnya, keyword jenis ini memiliki persaingan yang cukup rendah. Karena kata kuncinya sangat spesifik. Sehingga topik bahasannya lebih sempit.

Hal ini yang membuat tidak terlalu banyak orang yang membahasnya. Dengan demikian persaingan di halaman satu Google dan mesin pencari lainnya cukup rendah. Sehingga konten blog kamu akan lebih mudah untuk masuk halaman pertama.

Meski demikian, tidak sedikit long tail keyword yang persaingannya tinggi. Terutama pada keyword komersial. Sebab, keyword tersebut banyak dikuasai oleh toko online ternama.

Selain tingkat persaingan di mesin pencari yang cukup rendah. Long Tail Keyword juga masih memiliki banyak manfaat lainnya. 3 diantaranya dijelaskan di bawah ini.

    A. Konversi Tinggi
    Konversi tinggi dapat membantu kamu dalam menjual produk. LTK mempunyai konversi yang cukup tinggi. Sebab, long tail keyword adalah kata kunci yang spesifik, sehingga benar-benar menyasar konsumen.

    Sayangnya, segmen pasar untuk LTK ini terbatas. Tetapi, kalau kamu mengumpulkan keyword ini dalam jumlah yang banyak, tentu penjualannya akan lebih maksimal.

    B. Lebih Mudah Dalam Membuat Artikel
    Jika kamu membidik long tail keyword, maka kamu akan lebih mudah dalam menulis. Karena, kata kunci yang dibidik cukup spesifik. Dengan demikian, topik bahasan menjadi lebih sempit.

    Tentu saja hal ini akan membuat kamu lebih mudah dalam membuat artikel. Sebab tidak terlalu banyak hal yang harus kamu bahas.

    C. Dapat Masuk Halaman Satu Mesin Pencari Menggunakan Head dan Body Keyword
    Seperti yang kita ketahui, jika long tail keyword adalah kata kunci dengan jumlah 4 kata ke atas. Oleh karena itu, keyword ini juga mengandung head serta body keyword.

    Maka dari itu, tidak heran jika kita membidik long tail keyword. Artikel kita bisa ditemukan di hasil penelusuran mesin pencari dengan head serta body keyword. Dengan demikian, kemungkinan mendapat banyak pengunjung dari mesin pencari akan semakin besar.

Demikian ulasan singkat tentang pengertian dan manfaat long tail keyword. Jadi, jangan ragu untuk membidik long tail keyword ketika membuat postingan di blog. Karena kata kunci jenis ini mempunyai banyak manfaat.

author
No Response

Leave a reply "Pengertian Long Tail Keyword dan 3 Manfaatnya"