Inilah 5 Tips Sederhana untuk Merawat Smartphone Agar Lebih Awet

Di era digital sekarang ini, sudah cukup banyak orang menggunakan Smartphone. Terutama mereka yang hidup di daerah perkotaan. Ponsel cerdas sudah menjadi kebutuhan pokok.

Jika kamu seorang pengguna Smartphone, tentu ingin ponsel cerdas tersebut bisa digunakan dalam jangka panjang. Maka dari itu, kamu harus bisa merawatnya dengan baik.

Untuk membantu kamu merawat Smartphone agar lebih awet. Berikut uraian singkat tentang tips merawat ponsel pintar secara keseluruhan.

1. Bersihkan Bodi Smartphone Dari Debu dan Kotoran Lainnya
Agar ponsel cerdas kamu terlihat bersih dan menarik, kamu harus rajin membersihkannya. Untuk waktu membersikan Smartphone tergantung kebutuhan masing-masing orang.

Ketika bodi Smartphone tampak kotor, maka segera bersihkanlah. Kamu bisa menggunakan tisu untuk melakukan hal ini. Sebab, tisu memiliki testur yang lembut.

Selain itu, kamu juga bisa memakai kain lembut untuk membersihkan bodi ponsel pintar. Jangan gunakan kain atau bahan lainnya yang mempunyai testur yang kasar, karena ini akan membuat bodi Smartphone menjadi tergores.

Jika hal itu terjadi, tentu akan menjadikan Smartphone kamu tampak jelek, karena ada banyak goresan. Oleh karena itu gunakan bahan-bahan yang lembut untuk melakukan ini. Tisu atau kain halus adalah pilihan yang tepat, seperti yang diutarakan di atas.

2. Letakan Smartphone di Tempat yang Aman
Ketika Smartphone sedang tidak dipakai. Maka sebaiknya kamu meletakannya di tempat yang aman. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya menaru Smartphone di pinggiran meja, bisa membuatnya terjatuh jika ada telepon masuk. Hal ini terjadi jika kamu mengaktifkan fitur getar untuk notifikasi yang masuk.

Atau, meletakan Smartphone di tempat yang rawan terkena air juga sangat tidak dianjurkan. Contohnya meletakan Smartphone di dekat gelas yang berisi air. Dikhawatirkan gelas tersebut tersenggol dan airnya mengenai ponsel cerdas kamu.

Selain itu, jangan biasakan membawa Smartphone ketika hendak tidur. Sebab, jika ini terjadi bisa saja ponsel cerdas kamu tertindih bagian tubuh yang keras dan menyebabkan layar pecah.

Kejadian seperti ini sudah sering terjadi. Oleh karena itu, kebiasaan membawa Smartphone saat hendak tidur harus segera dihilangkan.

3. Lihat Kondisi Baterai Setiap Saat
Hal yang tidak kalah penting untuk memperhatikan kondisi baterai secara berskala. Caranya dengan membuka casing bagian belakang dan membersihkan lokasi disekitar baterai.

Sebab, baterai adalah salah satu elemen ponsel yang mudah mengalami panas. Panas yang berlebihan dapat menciptakan embun di area sekitar baterai.

Jika ini dibiarkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan. Sebab, embun yang sedikit demi sedikit itu berkumpul dan membuat lembab di area baterai.

Maka dari itu tidak ada jeleknya jika memeriksa dan membersihkan baterai secara berskala. Hal ini juga untuk melihat kondisi baterai masih bagus atau tidak. Baterai yang sudah tidak layak dipakai umumnya akan melembung.

4. Bersihkan File Sampah Secara Berskala
Selain bodi dan baterai Smartphone, sebaiknya kamu juga membersihkan file sampah yang ada di penyimpanan Smartphone. Sebab file sampah akan membuat kapasitas penyimpanan yang tersedia menjadi cepat habis.

Kamu bisa menggunakan aplikasi atau secara manual untuk melakukan hal ini. Memakai aplikasi tentu akan jauh lebih mudah. Selain itu, aplikasi juga mampu mendektesi file sampah yang tersembunyi.

Membersihkan Smartphone dari file sampah akan membuat kapasitas memori terjaga dengan baik. Sebab, jika dibiarkan akan membuat penyimpanan penuh. Jika ini terjadi, maka akan mengganggu kinerja ponsel cerdas kamu.

5. Charger Smartphone Kamu Sesuai Kebutuhan
Terlalu sering mengisi ulang daya baterai juga bisa membuatnya cepat rusak. Sebab, baterai Smartphone akan mengalami kerusakan jika sudah melampaui batas maksimal pengisian ulang.

Oleh karena itu, agar lebih tahan lama. Disarankan untuk mengisi ulang baterai ketika daya yang tersedia sekitar 20%. Sebab, pada kondisi seperti itulah waktu yang tepat untuk men-charger-nya.

Juga, jangan sampai baterai ponsel cerdas kamu low bat. Itulah mengapa banyak produsen Smartphone menanamkan fitur peringatan ketika baterai tinggal 20%. Ada juga yang mengingatkan ketika tinggal 15%.

Itulah 5 tips untuk merawat Smartphone kesayangan kamu. Dengan perawatan yang baik, maka ponsel cerdas kamu akan lebih tahan lama. Sehingga tidak terlalu sering ganti Smartphone karena alasan rusak.

author
No Response

Leave a reply "Inilah 5 Tips Sederhana untuk Merawat Smartphone Agar Lebih Awet"