Menulis untuk Blog: 3 Cara Menemukan Ide Postingan

Jika kamu memiliki blog, kamu tentu mengisi blog tersebut dengan postingan. Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat postingan adalah menemukan idenya terlebih dahulu.

Bagi blog yang masih baru dan sedikit kontenya, mungkin cukup mudah menemukan ide postingan. Namun berbeda dengan blog yang sudah mempunyai banyak artikel. Menemukan ide postingan tidak semudah membalikan telapak tangan.

Pasalnya, banyak ide postingan yang telah tersedia di blog kita. Bukan hanya itu, yang lebih menyulitkan lagi jika kamu mempunyai blog yang membahas tentang topik yang spesifik. Sehingga topik bahasannya sangat terbatas.

Terlepas dari sudah banyak atau masih sedikit artikel di blog kamu. Menemukan ide postingan terkadang terasa sangat sulit. Dengan demikian, kamu juga akan terhambat dalam menulis dan mengisi blog dengan konten-konten segar.

Namun kamu tidak perlu berkecil hati, karena kesulitan menemukan ide artikel. Sebab, ada cara yang bisa dilakukan untuk menemukan ide-ide baru untuk membuat artikel blog.

Cara-cara yang akan disampaikan, bisa dikatakan mudah-mudah susah. Yang jelas, dengan melakukan satu atau lebih dari 3 cara di bawah ini, kamu dapat menemukan banyak ide-ide segar. Berikut informasi lengkapnya.

1. Lakukan Curah Ide
Cara yang paling umum untuk mendapatkan ide postingan baru adalah dengan melakukan curah ide. Curah ide sendiri adalah mencurahkan isi yang ada di pikiran terkait topik bahasan blog kamu.

Agar lebih mudah, kamu bisa melakukan curah ide dengan menggunakan buku dan pulpen. Kamu cukup menulis apa yang ide-ide yang muncul di pikiran kamu. Jangan pikirkan ide tersebut benar atau salah, rasional atau tidak. Yang terpenting tulis saja ide yang muncul.

Setelah merasa sudah tidak memiliki ide baru. Istirahatlah selama beberapa saat, kemudian coret ide-ide yang menurut kamu tidak rasional. Sebaiknya diamkan tulisan tersebut selama 1 atau 2 hari.

Mengapa harus menulis ide-ide yang ada di buku? Sebenarnya kamu bisa saja menggunakan Smartphone atau laptop. Sayangnya, penggunaan perangkat elektronik tersebut bisa membuat ide yang tercurah kurang maksimal.

Hal ini karena menulis di laptop apa lagi di Smartphone cenderung lebih lambat. Dengan demikian, ide-ide akan mudah hilang dan mengalami kemacetak dalam mencurahkan ide yang disebabkan oleh terlalu lama menuliskannya.

Ada pun waktu yang paling tepat untuk mencurahkan ide adalah di pagi hari. Pada saat pagi, pikiran cenderung lebih segar, karena baru saja di istirahatkan. Selain itu, pikiran juga belum dirasuki oleh banyak informasi.

Dengan demikian, melakukan curah ide di pagi akan mendapatkan lebih banyak ide. Hal ini karena pikiran masih dalam kondisi segar. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan cara ini di pagi hari.

2. Lihat Postingan Di Blog Lain yang Setopik
Dengan melakukan curah ide mungkin kamu sudah banyak menemukan ide-ide segar untuk dibuatkan postingan. Namun jika kamu belum puas terhadap ide yang telah didapat, kamu bisa menggunakan cara ini.

Menemukan topik bahasan baru dengan cara ini tergolong mudah. Sebab kamu tinggal mencontoh topik postingan telah ada di blog lain.

Untuk memperoleh lebih banyak ide-ide baru dengan cara ini. Kamu harus mencatatat ide yang ada di buku. Cari dan kumpulkan topik postingan dari blog yang kamu kunjungi.

Sebaiknya, kamu juga mengunjungi lebih banyak blog yang setopik dengan blog kamu. Semakin banyak blog yang dikunjungi, maka semakin banyak ide postingan yang kamu peroleh.

3. Mengunjungi Situs Tanya Jawab
Situs tanya jawab merupakan tempat orang untuk bertanya serta menjawab. Setiap pengguna dapat bertanya kepada pengguna lainnya, dan sebaliknya.

Untuk menemukan ide postingan, kamu bisa menjadikan pertanyaan yang ada sebagai sebuah ide. Cari dan catat pertanyaan yang sesuai dengan topik bahasan blog kamu.

Kamu juga dapat menemukan bahan postingannya di situs tersebut. Sebab, setiap pertanyaan pasti memiliki jawaban terbaik. Jawaban tersebut yang dapat dipakai sebagai bahan untuk artikel.

Itulah 3 cara untuk mendapatkan ide-ide segar sebagai topik postingan. Dengan memiliki banyak ide postingan, kamu akan lebih mudah dalam menulis. Sebab kamu tidak perlu mencarinya lagi. Oleh karena itu kumpulkan ide sebanyak-banyaknya, menggunakan satu atau lebih dari 3 cara di atas.

author
No Response

Leave a reply "Menulis untuk Blog: 3 Cara Menemukan Ide Postingan"