Menghubungkan Smartphone dengan PC Tanpa Kabel: Gunakan 5 Aplikasi Android Ini

Terkadang kita perlu menghubungkan Smartphone dengan PC untuk keperluan tertentu. Kebanyakan orang sering menggunakan kabel data (USB) untuk melakukan hal ini.

Namun kita tetap bisa menyabungkan Smartphone ke PC tanpa memakai kabel data. Sebab, kita bisa menggunakan aplikasi khusus untuk menghubungkannya. Sehingga akan jauh lebih sederhana.

Setiap operasi sistem Smartphone tentu membutuhkan aplikasi yang berbeda-beda. Untuk platform Android sendiri ada 5 aplikasi yang bisa kamu coba.

Kelima aplikasi tersebut memiliki beragam kemampuan dan fungsi. Jadi jika kamu ingin menyabungkan Smartphone ke PC, kamu harus menyesuaikan aplikasi apa yang akan di pakai untuk keperluan kamu.

Untuk lebih memudahkan kamu memilih perangkat lunak mana yang sesuai dengan keperluan kamu. Berikut ulasan terkait tentang aplikasi-aplikasi yang dimaksud.

Yang perlu diingat, tidak semua aplikasi bisa digunakan untuk beragam keperluan. Sehingga kamu harus memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Juga sebaiknya kamu memastikan jika versi Android kamu mendukung peng-instal-an aplikasi untuk menghubungkan PC dengan Smartphone. Sebab ada aplikasi Android yang tidak berjalan di versi tertentu (umumnya versi lawas).

1. Aplikasi Cortana
Untuk para pengguna Windows 10 Anniversary update, ada kabar gembira buat kamu. Sebab kamu dapat memperoleh pemberitahuan yang masuk ke Android kamu di PC maupun laptop.

Kamu bisa menggunakan perangkat lunak Android Cortana untuk memperoleh notifikasi yang masuk ke Smartphone di Windows 10. Notifikasi yang masuk bisa dari akun sosial media, aplikasi chat, dan lain-lain.

Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengontrol ponsel cerdas Android dari PC menggunakan suara. Untuk melakukannya, asisten virtual berbasis suara bisa kita andalkan.

2. Microscoft Remote Destop
Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengakses PC atau laptop yang memakai perangkat lunak Windows. Pengaksesan ini tentu dilakukan dari jarak jauh.

Namun yang perlu diperhatikan adalah PC atau laptop yang akan dikontrol melalui Smartphone harus berada di satu jaringan. Sehingga ada penghubung antara ponsel pintar dengan PC maupun laptop yang berbasis Windows.

Satu lagi, kamu juga harus mengaktifkan fitur akses remote destop yang ada di PC juga laptop. Dengan demikian kamu bisa mengontrol PC untuk beragam keperluan menggunakan Smartphone Android.

3. Aplikasi Pushbullet
Aplikasi ini dapat digunakan untuk transfer file dari PC ke Smartphone Android atau sebaliknya dari ponsel cerdas ke PC. Selain itu kamu juga bisa mengakses semua notifikasi dari aplikasi yang ada di Smartphone kamu.

Notifikasi yang dimaksud seperti pemberitahuan dari aplikasi chat, sosial media dan lain sebagainya. Tentu kamu harus mengaturnya terlebih dahulu. Sebab, kamu bisa memilih notifikasi mana saja yang kamu inginkan.

Yang lebih menariknya lagi, dengan bantuan aplikasi ini kamu bisa mengirim file seperti gambar, video, audio, juga alamat pada Google maps. Tentunya kemampuan aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi.

Dengan demikian, kamu tidak perlu bantuan kabel data untuk transfer file. Karena aplikasi ini mampu melakukannya dengan lebih mudah dan cepat.

4. Crome Remote Destop
Dengan aplikasi Crome remote destop kamu bisa mengontrol PC dari jarak jauh. Meski demikian, ada batasan jarak untuk hal ini.

Tentu saja batasan tersebut adalah batasan jaringan yang tersedia. Jaringan yang dimaksud bukan jaringan seluler, namun jaringan khusus yang menghubungkan Smartphone dan PC.

Aplikasi ini untuk update terbaru, memungkinkan kamu untuk melakukan streaming audio. Sayangnya, fitur ini masih memiliki kelemahan yaitu keterlambatan.

Meski demikian, aplikasi Crome remote destop ini masih berjalan dengan baik. Sehingga kamu tidak perlu takut dan ragu dengan kemampuan yang dimilikinya.

5. Spaceddesk (Remote Destop)
Aplikasi Spaceddesk memungkinkan kamu menjadikan Smartphone sebagai monitor PC. Hal ini bisa membuat kamu mengerjakan beberapa hal secara bersamaan.

Untuk melakukannya, kamu harus meng-instal aplikasi ini di Smartphone Android dan juga PC kamu. Sehingga ponsel cerdas dan PC bisa terhubung.

Menghubungkan PC dan Smartphone tidak harus menggunakan kabel data atau USB. Kamu bisa menggunakan satu atau lebih dari 5 aplikasi di atas.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan salah satu aplikasi di atas selayaknya menyambungkan PC dan ponsel cerdas memakai kabel USB. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba.

author
No Response

Leave a reply "Menghubungkan Smartphone dengan PC Tanpa Kabel: Gunakan 5 Aplikasi Android Ini"