Cara Merawat Laptop Sederhana Ini, Dapat Membuatnya Lebih Awet

Bagi sebagian orang laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok. Sebab, laptop meruapakan alat untuk mereka melakukan pekerjaannya.

Sayangnya, beberapa dari mereka sering mengalami kegalauan karena laptopnya mengalami kerusakan. Sehingga pekerjaan yang dilakukan menjadi terhambat.

Semua itu, bisa saja disebabkan oleh perawatan terhadap perangkat canggih ini yang kurang baik. Hal ini membuat laptop mereka menjadi lebih cepat mengalami kerusakan.

Dengan merawat laptop secara baik dan benar. Besar kemungkinan laptop kamu menjadi lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Maka kamu akan terhindar dari mengalami kegalauan yang disebabkan oleh laptop yang “ngadat”. Jadi untuk mencegahnya kamu harus bisa merawatnya dengan sebaik mungkin.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu membaca postingan ini hingga selesai. Karena, akan diulas secara mendalam tentang perawatan laptop yang baik dan benar.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu perbuat dalam merawat laptop. 4 diantaranya akan kita bahas di bawah ini.

1. Istirahatkan Laptop Selama Beberapa Saat

Menggunakan laptop secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kecil maupun besar. Meski sebuah alat, namun ia juga butuh waktu untuk istirahat.

Sebab, bila digunakan secara terus menerus dapat membuat mesin menjadi panas. Perlakuan yang demikian, dapat membuat beberapa hardware mengalami kerusakan (baik kerusakan kecil maupun besar).

Meski, telah ada kipas pendingin. Bukan berarti laptop bisa terhindar dari panas berlebihan (overheat). Sebab, kipas tersebut memiliki batasan, karena laptop bukan didesain layaknya komputer meja yang bisa digunakan 24 jam nonstop.

Sederhananya, berikan waktu istirahat sekitar 20 menit untuk setiap pemakaian antara 3 sampai 4 jam. Dengan demikian, perangkat keras yang mengoprasikan laptop dapat mengurangi beban kerjanya.

2. Isi Ulang Daya Baterai Secara Berskala

Agar baterai laptop lebih awet. Maka disarankan untuk men-charger laptop secara berskala meski sedang tidak digunakan.

Misalnya kamu tidak menggunakan laptop selama beberapa minggu. Kamu harus tetap mengisi ulang daya baterai. Ini bertujuan agar baterai tidak mengalami low bat.

Sebab, jika sampai energi listrik di dalam baterai habis dapat menyebabkan elemen baterai mengalami kerusakan. Sehingga tidak bisa menyimpan energi listrik dengan baik seperti semula.

Selain itu, men-charger baterai secara rutin bisa mengurangi resiko lembab pada laptop. Ketika di charger maka akan menimbulkan suhu hangat yang bisa mengurangi kelebabpan.

Disarankan untuk mengecas laptop setidaknya 2 minggu sekali jika jarang digunakan. Sehingga daya baterai akan terjaga dengan baik dan terhindar dari kerusakan elemen yang ada di dalam baterai.

Kamu juga bisa mencopot baterai laptop jika tidak digunakan dalam jangka panjang. Sebab, kapasitas baterai akan terus berkurang meski laptop tidak digunakan selama baterai masih tertanam di laptop.

3. Hindari Menyalakan Laptop Di Atas Kasur

Ketika laptop diletakan di atas kasur atau permukaan empuk lainnya, maka sirkulasi udara laptop dapat terhambat. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat keras yang mengoprasikan laptop.

Saat laptop mengalami panas yang berlebihan. Kerusakan komponen di dalam laptop hanya tinggal menunggu waktu saja. Dan kamu harus siap mengeluarkan biaya untuk perbaikannya.

Oleh karena itu, untuk menghindari overheat. Sebaiknya kamu tidak meletakan laptop di atas benda yang mempunyai permukaan empuk ketika sedang dipakai.

Dengan demikian, laptop kamu akan terhidar dari kerusakan dini. Dengan demikian, laptop bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama.

4. Matikan Laptop Menggunakan Cara yang Benar

Terkadang kita sering sekali mematikan laptop dengan cara menekan tombol power secara langsung. Kebiasaan ini bisa menjadi penyebab alat ini cepat mengalami kerusakan.

Pada saat mematikan laptop secara langsung (tanpa mengklik shutdown). Maka, bisa mempercepat kerusakan pada komponen utama seperti prosesor dan motherboard.

Oleh karena itu, matikan alat ini secara benar. Caranya dengan mengklik tombol shutdown. Dengan demikian, laptop akan mematikan sistem secara perlahan. Sehingga akan mengurangi resiko kerusakan pada komponen yang ada di dalam laptop.

Dengan merawat laptop secara baik dan benar. Maka kamu akan terhidar dari mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membenarkan laptop.

Sehingga kamu bisa lebih berhemat. Atau bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan penting lainnya.

Selama alat ini dipakai serta dirawat dengan baik, maka tidak akan cepat rusak. Oleh karena itu, lakukan 4 cara di atas untuk merawat laptop kesayanganmu.

author
No Response

Leave a reply "Cara Merawat Laptop Sederhana Ini, Dapat Membuatnya Lebih Awet"