3 Cara Mudah Menemukan Long Tail Keyword

No comment 182 views

Mungkin kamu sudah tahu jika long tail keyword adalah kata kunci yang memiliki manfaat jika kita jadikan keyword utama untuk postingan. Namun menemukan long tail keyword yang beragam tidak lah mudah.

Akan tetapi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan beragam long tail keyword. Dengan demikian kamu bisa memperoleh kata kunci ini untuk dijadikan topik postingan.

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, bahwa keyword yang terdiri dari 4 suku kata atau lebih ini memiliki beragam manfaat. Bagi yang belum mengetahui, berikut ulasan singkat tentang beberapa manfaat dari long tail keyword.

    A. Lebih mudah dalam membuat postingan
    B. Konversi penjualan yang tinggi
    C. Bisa masuk halaman satu mesin pencari untuk head keyword dan body keyword
    D. Tingkat persaingan yang relatif rendah di mesin pencari

Dari berbagai manfaat yang bisa diperoleh, sudah jelas jika kata kunci jenis ini sangat ideal dijadikan keyword utama postingan. Juga menemukan long tail keyword tidak terlalu sulit, selama mengetahui caranya.

Sebenarnya kita dapat melakukan curah ide untuk memperolehnya. Namun, terkadang hasil yang didapat dari cara ini kurang maksimal.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan perangkat lain. Dengan demikian, kita akan lebih mudah, dan cepat dalam memperoleh beragam keyword 4 kata ke atas ini.

Ada dua buah alat yang dapat kita pakai. Yaitu perangkat gratis dan juga berbayar. Untuk keyword bahasa Indonesia, menggunakan alat gratis saja sudah lebih dari cukup.

Setidaknya ada 3 perangkat yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan long tail keyword. Di bawah ini ketiga perangkat untuk mempermudah dalam menemukannya.

Sekedar catatan, perangkat-perangkat ini bisa digunakan secara gratis. Sehingga kamu bisa lebih berhemat.

1. Google Suggest

Perangkat pertama yang dapat dipakai adalah Google seggest. Kita bisa memanfaatkan fitur “saran kata kunci” dari mesin pencari Google ini.

Dengan memanfaatkannya, kita bisa mendapatkan berbagai long tail keyword. Sehingga kita tidak terlalu kesulitan untuk memperoleh beberapa pariasi keyword ini.

Untuk menemukan kata kunci dengan 4 suku kata atau lebih. Kamu cukup mengetikan body keyword di kolom pencarian Google.

Body keyword sendiri adalah kata kunci dengan jumlah 2 sampai 3 kata. Misalnya, cara merawat Smartphone, merawat kamera, dan lain sebagainya.

Setelah mengetikan body keyword, maka akan muncul beberapa pariasi keyword. Catat, kata kunci yang berjumlah 4 kata dan lebih.

Jika memungkinkan kumpulkan long tail keyword sebanyak-banyaknya dengan topik yang sama. Setelah berkumpul, baru pilih salah satu yang menurut kamu paling bagus.

Keyword yang bagus tidak ada nilai bakunya. Semua tergantung selera masing-masing blogger. Ada yang topiknya lebih mudah ditulis, jumlah pencarian banyak, tingkat persaingan rendah dan lain-lain.

Jadi silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing. Namun alangkah lebih baiknya jika kata kunci tersebut mudah ditulis, pencarian bulanannya cukup banyak serta persaingan di mesin pencari yang rendah.

Namun, keyword seperti itu tidak mudah didapatkan. Sehingga perlu, waktu dan usaha yang cukup untuk mendapatkannya.

2. Google Related

Selanjutnya kita bisa mendapatkan long tail keyword dengan cara memanfaatkan fitur Google related. Fitur ini berguna untuk memberikan kata kunci terkait dengan keyword yang kita ketikan.

Google related berada di bagian bawah hasil penelusuran. Dengan memakai fitur ini, kita dapat memperoleh kata kunci yang berpariasi.

Bahkan mungkin kata kunci yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dengan demikian kita bisa mendapatkan lebih banyak long tail keyword.

Cara memperoleh keyword 4 suku kata ke atas cukup mudah. Kita tinggal mengetikan keyword (bisa head atau body keyword) di kolom pencarian Google, lalu gulir ke bawah.

Disana kita bisa menemukan beberapa long tail keyword. Catat, semua yang ada, kemudian pilih yang ideal menurut kamu.

3. KeywordTool.io

Kamu juga bisa memperoleh long tail keyword menggunakan perangkat gratis ini. Bahkan kamu bisa mendapatkan lebih banyak kata kunci.

Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal memasukan body atau head keyword di kolom yang disediakan. Kemudian pilih, salah satu dari opsi yang disediakan.

Setelah itu, pilih negara asal. Untuk kata kunci bahasa Indonesia, maka pilih Google.co.id. Lalu klik tombol “cari”.

Tunggu selama beberapa saat. Maka akan muncul hasilnya. Pilih beberapa keyword yang menurut kamu cocok.

Itulah 3 cara mudah menemukan long tail keyword menggunakan perangkat gratis. Silahkan pilih salah satunya atau semuanya. Jika memungkinkan periksa juga rata-rata jumlah pecarian bulanannya Keyword yang dipilih menggunakan Google Adwords Keyword Planner.

author
No Response

Leave a reply "3 Cara Mudah Menemukan Long Tail Keyword"