9 Alat yang Dibutuhkan oleh Seorang Fotografer Profesional

Melakukan aktivitas memotret merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Terutama mereka yang mempunyai hobi dibidang ini.

Mungkin kamu salah satu orang yang dimaksud. Jika iya, besar kemungkinan kamu mempunyai harapan menjadi fotografer profesional.

Sebab, manusia cenderung senang jika bekerja dibidang yang disukainya. Tidak terkecuali dengan aktivitas memotret ini.

Pada dasarnya hampir semua hobi yang dimiliki bisa dijadikan ladang penghasilan. Misalnya kamu suka mengabadikan moment-moment menarik, menjadi fotografer profesional adalah caranya.

Menjadi fotografer profesional butuh skill yang memadai serta ditunjang oleh peralatan yang mendukung. Untuk skill sendiri, berlatih sesering mungkin merupakan cara yang cukup efektif.

Sementara itu kamu membutuhkan banyak peralatan yang mumpuni. Berikut 9 peralatan fotografi yang harus kamu miliki jika hendak menjadi fotografer profesional.

1. Kamera DSLR High-end

Sebagai fotografer profesional kamu membutuhkan kamera terbaik. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memakai kamera DSLR level pro atau high-end. Dengan demikian, kamu bisa menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi.


2. Laptop yang Mempunyai Spesifikasi Tinggi

Seorang fotografer profesional haruslah mempunyai laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Pasalnya, selain untuk menyimpan gambar yang telah dihasilkan, laptop tersebut juga digunakan untuk melakukan editing foto.

Spesifikasi laptop yang tinggi akan mempermudah proses pengeditan foto. Adapun spesifikasinya seperti RAM minimal 4 GB, prosesor dengan kecepatan tinggi (di atas 2,4 Ghz) juga kartu grafis yang setara dengan Nvidia GeForce.

3. Beragam Lensa

Kamera DSLR high-end haruslah dilengkapi oleh beragam lensa. Sebab, jika hanya mengandalkan lensa bawaan maka, akan kurang maksimal.

Dengan mempunyai beragam lensa. Ini akan mempermudah kamu dalam menjalankan pekerjaan. Sebab, dalam satu sesi pemotretan saja terkadang fotografer profesional memakai lebih dari satu lensa.

4. Filter Lensa

Untuk menujang kerja seorang fotografer profesional juga dibutuhkan pariasi filter lensa. Filter lensa standar sebenarnya hanya berfungsi untuk melindungi dari goresan serta kotoran.

Maka dari itu, dibutuhkan filter lain yang dapat membuat foto yang dihasilkan menjadi lebih bagus. Filter tersebut seperti, filter ND (berfungsi mengurangi intensitas cahaya yang masuk), dan filter CPL (membuat gambar lebih detail).

5. Lampu Tambahan

Ketika melakukan sesi pemotretan di dalam studio, keberadaan lampu tambahan adalah hal yang wajib. Dengan bantuan lampu ini, maka foto yang dihasilkan sama jelasnya ketika diluar ruangan.

Lampu tambahan yang dimaksud bukanlah flash eksternal yang bisa dibongkar pasang. Namun lampu yang dimaksud adalah lampu stobo lengkap beserta cover putih.

6. Background

Seorang fotografer profesional terkadang lebih sering melakukan sesi pemotretan di dalam ruangan. Maka dari itu, kebutuhan background tidak bisa disepelekan.

Background berguna untuk membantu kerja fotografer dalam menyesuaikan latar belakang sesuai dengan tema. Ini juga akan mempermudah ketika melakukan pengeditan foto tersebut.

7. Tripod

Alat ini berguna pada saat melakukan pemotretan baik di luar maupun di dalam ruangan. Fungsi dari tripod sendiri untuk membuat kamera tetap stabil di tempatnya.

Hal ini tentu tidak bisa dilakukan dengan tangan. Umumnya, ketika memegang kamera dengan tangan maka posisinya akan berubah-ubah meski hanya sedikit.

8. Hardisk Eksternal

Sebagai seorang fotografer profesional, kamu pasti membutuhkan hardisk eksternal. Sebab, kamu akan menghasilkan foto yang tidak sedikit.

Hardisk internal saja pasti tidak mampu menampung foto-foto yang kamu hasilkan. Jadi jangan sepelekan keberadaan alat yang satu ini.

9. Drone

Mungkin, ini terdengar sedikit aneh. Namun, saat ini fotografi udara sudah menjadi tren. Jadi untuk menunjang kebutuhan pasar, fotografer profesional harus memiliki alat ini.

Kesembilan peralatan di atas wajib dimiliki oleh fotografer profesional. Alat-alat tersebut akan mempermudah kamu dalam mengelola gambar-gambar yang dihasilkan.

Sebab, tanpa peralatan yang memadai. Foto yang dihasilkan bisa kurang maksimal. Tentu ini tidak baik bagi kamu. Bisa jadi, pelanggan kamu kecewa dengan hasil kerjamu.

Untuk itu, memiliki 9 peralatan fotografi di atas sangat membantu kamu dalam mengambil dan mengelola gambar. Dengan demikian, gambar yang didapat menjadi lebih berkualitas.

Hal ini akan sangat mendukung dalam perkembangan pekerjaan kamu sebagai fotografer profesional. Maka dari itu kamu mempunyai keharusan untuk memiliki kesembilan alat di atas.

author
No Response

Leave a reply "9 Alat yang Dibutuhkan oleh Seorang Fotografer Profesional"