Pengertian dan jenis jenis web server

Pengertian Web Server

Web server merupakan perangkat lunak (software) dalam server yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP dari client yang lebih dikenal dengan nama browser web, kemudian mengirimkan kembali (respon) hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web seperti dokumen HTML (Hyertext Markup Language).

Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa web server adalah pemberi layanan bagi web client yang bertujuan agar browser seperti Mozilla, Chrome, Savari atau Opera dapat menampilkan halaman yang diminta.

Lebih jelas dapat dilihat pada gambar berikut :

Fungsi Web Server

Fungsi utama dari web server adalah untuk mentransfer atau memindahkan berupa teks, gambar, audio, video dan lain sebagainya. Pada sebuah halaman website saat ingin mengaksesnya menggunakan browser/ internet, client akan mengetikkan nama halaman atau kata kunci untuk mengakses halaman tersebut. Selanjutnya, browser akan melakukan permintaan ke web server. Web server akan melakukan tugasnya dengan mencarikan data yang diminta browser, dan mengirimkan data tersebut ke browser atau menolaknya jika halaman yang diminta tidak ditemukan.

Beberapa contoh web server yang paling banyak digunakan diantaranya adalah :
Beberapa Web Sever yang banyak digunakan di internet antara lain :
1. Apache Web Server (http://www.apache.org)


2. Internet Information Service, IIS http://www.microsoft.com/iis


3. Xitami Web Server (http://www.xitami.com)


4. Sun Java System Web Server (http://www.sun.com/software/products/web_srvr/home_web_srvr.xml)

author
No Response

Leave a reply "Pengertian dan jenis jenis web server"