Bagaimana Nasib Karyawan Pertama yang Berada di Apple Saat Ini

sioot.com. Bagaimana Nasib Karyawan Pertama yang Berada di Apple Saat Ini. Siapa yang tidak mengenal Apple? ya, perusahaan raksasa asal California pembuat OS iOS tersebut kini digemari oleh banyak orang setelah microsoft. Bicara mengenai Apple tentu tidak luput dari pendirinya yaitu Steve Jobs.

Bagaimana Nasib Karyawan Pertama yang Berada di Apple Saat Ini

Bagaimana Nasib Karyawan Pertama yang Berada di Apple Saat Ini

Namun demikian, tidak banyak orang yang tahu bagaimana awal mula karyawan pertama Apple bekerja. Tentunya Steve Jobs tidak bekerja sendirian, dia dibantu oleh rekan-rekannya pada awal mengembangkan Apple. Sayangnya, karyawan pertama Apple yang berusaha membuild mulai terlupakan saat ini.

Inilah 10 profil karyawan pertama Apple. Data dari sepuluh karyawan pertama Apple ini didapatkan dari Chief Executive Officerpertama Apple, Michael Scott dan Steve Wozniak, kolega sekaligus salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs.

Scott mengatakan, saat itu sebagai CEO dia menandakan karyawan awal perusahaan dengan memberikan nomor karyawan. Siapa saja mereka? berikut informasinya :

1. Steve Wozniak.

Wozniak merupakan karyawan dengan nomor 1 di perusahaan apple, sekaligus pendiri Apple bersama Steve Jobs. Dalam riwayat awalnya bersama Apple, dia hampir tak bergabung dengan Apple. Wozniak saat itu telah mempertimbangkan penawaran bekerja di HP. Tapi kemudian dia memutuskan untuk menjadi bagian dari Apple.

Kini pria yang disapa Woz itu masih muncul di acara di Silicon Valley. Dia juga sering menjadi pembicara dalam acara teknologi.

Steve Wozniak

Steve Wozniak

2. Steve Jobs.

Pendiri Apple ini merupakan karyawan nomor 2 di perusahaan Apple. Mengapa sosok yang lekat dengan Apple itu bernomor 2. Jobs diketahui pernah keluar dari Apple dan menciptakan startup bernama NeXT. Tapi kemudian Jobs kembali lagi bersama Apple saat perusahaan itu membeli NeXT. Jobs meninggal pada Oktober 2011 karena menderita kanker.

Steve Jobs

Steve Jobs

3. Mike Markkula.

Selain dua nama Jobs dan Wozniak, nama Markkula juga penting di masa awal Apple. Karyawan bernomor 3 itu tercatat telah berinvestasi di Apple senilai US$250 ribu. Sebagai kompensasi, Markkula mendapatkan 30 persen bagian dari perusahaan Apple.

Markkula membantu mengelola Apple, mengembangkan rencana bisnis, mencarikan CEO pertama sampai merekrut Steve Wozniak. Markkula tercatat sebagai karyawan Apple sampai 1997. Di luar Apple, Markkula berinvestasi dalam beberapa startup dan mendonasikan uangnya untuk Santa Clara University, Markkula Center for Applied Ethics.

Mike Markkula

Mike Markkula

4. Bill Fernandez.

Saat Jobs dan Wozniak mulai mengembangkan Apple, keduanya mempekerjakan Fernandez sebagai karyawan pertamanya diperusahaannya tersebut. Namun dalam daftar perusahaan apple, Fernandez tercatat sebagai karyawan dengan nomor 4.

Fernandez bertemu dengan Jobs di Cupertino Junior High School. Dia merupakan tetangga dan juga kawan dari Wozniak. Fernandez berada di Apple sampai 1993. Lepas dari Apple dia bekerja di Ingres, perusahaan database. Saat ini dia merupakan CEO Omnibiotics.

Bill Fernandez

Bill Fernandez

5. Rod Holt.

Holt adalah seorang perancang yang awalnya mengaku skeptis saat awal bergabung dengan perusahaan Apple. Dalam pengakuannya, Holt mengaku ‘ditipu’ Jobs untuk menjalankan pekerjaan di Apple. Lepas dari itu, Holt berkontribusi dalam pengembangan merancang power supply pada Apple II.

Rod Holt

Rod Holt

6. Randy Wigginton.

Karyawan dengan nomor 6 ini bertugas menuliskan kembali bahasa pemrograman awal bernama BASIC diperusahaan apple. Wigginton bertugas mengembangkan BASIC untuk bisa berjalan pada komputer Apple II. Setelah bekerja di Apple, Wigginton tercatat bekerja di eBay, Google, Chegg, Square.

Randy Wigginton

Randy Wigginton

7. Michael Scott.

CEO pertama Apple itu memilih dengan nomor karyawan angka 7. Dia mengaku angka 7 merujuk pada James Bond 007. Sebagai CEO pertama, Scott menyematkan nomor karyawan awal diperusahaan Apple. Dia menjadi CEO karena diminta oleh investor Apple, Mike Markkula.

Michael Scott

Michael Scott

8. Chris Espinosa.

Espinosa bergabung dengan Apple pada saat dia masih sekolah menengah. Dia mendapatkan nomor karyawan 8. Menariknya, hingga kini, dia masih bekerja di Apple dan merupakan karyawan terlama yang bekerja untuk perusahaan teknologi itu.

Chris Espinosa

Chris Espinosa

9. Sherry Livingston.

Dia dikenal sebagai tangan kanan CEO pertama diperusahaan Apple. Sherry Livingston merupakan sekretaris pertama Apple. Dia bekerja di Apple karena direkrut oleh CEO pertama Apple, Michael Scott.

Sherry Livingston

Sherry Livingston

10. Gary Martin.

Martin bekerja di masa awal Apple sebagai bagian keuangan diperusahaan tersebut. Martin saat itu berpikir Apple merupakan perusahaan yang gagal, tapi dia tetap bergabung dengan Apple.

Martin bekerja di Apple sampai 1983. Lepas dari Apple dia bekerja di Starstruck, perusahaan perjalanan ke antariksa. Martin kini menjadi investor privat dan salah satu dewan direksi perusahaan teknologi Kanada, LeoNovus.

Gary Martin

Gary Martin

Demikianlah Bagaimana Nasib Karyawan Pertama yang Berada di Apple Saat Ini, semoga bermanfaat.

Mohon Bagikan Ya.. Terimakasih
Diaz Oktavino
"Webmaster Jr
No Response

Leave a reply "Bagaimana Nasib Karyawan Pertama yang Berada di Apple Saat Ini"