Ingin Menghemat Baterai Ponsel Android? Coba Gunakan 7 Cara Ini

Di era digital sekarang ini, penggunaan Smartphone merupakan kebutuhan hampir setiap orang, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Hampir sebagian besar mereka memakai Smartphone yang menggunakan operasi sistem Android.

Sudah menjadi rahasia umum, jika ponsel cerdas Android memiliki harga yang relatif lebih murah di banding dengan Smartphone yang menggunakan operasi sistem Windows phone atau iOS. Selain itu, Smartphone Android juga menawarkan berbagai fitur yang menarik, serta di dukung oleh ribuan aplikasi yang siap menambah fungsi baru di Smartphone.

Jadi, bukan hal aneh jika ponsel pintar yang memakai operasi sistem Android ini memiliki kelemahan pada bagian baterai. Umumnya, daya baterai pada ponsel Android cepat habis, meski yang di klaim menggunakan baterai bagus sekali pun.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya fitur dan aplikasi yang beroprasi secara bersamaan. Sehingga penggunaan daya baterai akan jauh lebih banyak, yang membuat daya baterai cepat habis.

Meski demikian, kamu tidak usah khawatir. Sebab ada cara yang bisa dipakai untuk lebih menghematnya. Sehingga baterai Smartphone Android kamu menjadi lebih awet. Berikut adalah caranya.

1. Menonaktifkan Data Internet Ketika Tidak Dipakai

Saat kamu tidak menggunakan Smartphone, sebaiknya kamu menonaktifkan koneksi internet. Sebab, pada saat data kamu hidup, daya baterai akan terus terkuras. Hal ini karena koneksi internet yang terus berjalan akan menyedot daya baterai, meski ponsel sedang tidak digunakan.

Maka dari itu, untuk menghemat baterai, kamu harus mematikan koneksi internet pada waktu tidak dibutuhkan, misalnya ketika sedang bekerja. Bukan hanya berfungsi untuk meminimkan penggunaan daya baterai, menonaktifkan data internet juga dapat dipakai untuk menghemat paket internet.

Apa lagi jika kamu menggunakan paket internet yang bukan unlimited. Sangat disarankan untuk melakukan hal ini, sebab bisa saja paket internet kamu habis sebelum waktunya.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Pengguna Smartphone Android sangat dimanjakan oleh banyak aplikasi yang bisa di instal sewaktu-waktu. Namun penggunaan aplikasi yang terlalu banyak bisa menyebabkan baterai boros. Oleh karena itu sebaiknya kamu menghapus aplikasi yang tidak berguna.

Beberapa aplikasi akan terus berjalan dibelakang layar. Ini akan membuat penggunaan daya baterai akan lebih besar, yang membuat baterai menjadi lebih cepat habis. Selain itu, terlalu banyak aplikasi juga akan menurunkan performa Smartphone Android kamu.

3. Menonaktifkan Wifi dan Bluetooth Ketika Tidak Dipakai

Saat wifi dan bluetooth tidak digunakan, disarankan untuk menonaktifkannya. Sebab, meski tidak dipakai kedua fitur ini akan tetap menguras daya baterai jika masih dalam kondisi aktif. Jadi untuk menghemat baterai, kamu harus mematikannya jika tidak digunakan.

Selain itu, wifi dan bluetooth menjadi salah satu fitur yang cukup banyak menguras daya baterai. Jadi kamu harus lebih bijak dalam menggunakan kedua fitur ini, agar baterai Smartphone Android kamu menjadi lebih awet.

4. Mematikan GPS

Tidak semua pengguna ponsel pintar Android membutuhkan fitur GPS. Namun, beberapa dari mereka tanpa sadar tetap mengaktifkan fitur canggih ini. Sehingga membuat baterai cepat terkuras habis.

Agar baterai Smartphone kamu menjadi lebih awet, kamu harus menonaktifkan fitur tersebut. Fitur ini juga membutuhkan data internet yang cukup besar untuk beroprasi. Dengan mengaktifkannya, selain membuat baterai boros, juga akan membuat paket internet kamu juga akan lebih cepat habis.

5. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar juga berdampak pada penggunaan baterai. Semakin cerah layar ponsel, maka penggunaan daya baterai akan semakin besar, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengatur tingkat kecerahan ke otomatis. Sehingga, tingkat kecerahan layar akan otomatis menyesuaikan diri sesuai yang dibutuhkan.

6. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Bukan hanya menonaktifkan beberapa fitur dan menghapus aplikasi yang tidak berguna. Untuk menghemat baterai, kamu juga bisa meng-instal aplikasi penghemat baterai. Saat ini banyak tersedia aplikasi tersebut baik yang berbayar maupun yang gratis.

Pada dasarnya, aplikasi jenis ini berfungsi untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak dipakai secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga bisa meng-audit penggunaan daya baterai. Sehingga kamu bisa tahu Aplikasi apa saja yang memakan daya baterai.

7. Aktifkan Mode Penerbangan

Saat baterai dalam kondisi yang krisis, kamu bisa mengaktifkan mode penerbangan. Dengan mengaktifkan fitur ini, secara otomatis jaringan seluler akan tertutup. Ini akan membuat beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet juga ikut berhenti beroprasi.

Sehingga, ini sangat cocok digunakan bila kondisi daya baterai semakin menipis, untuk menghindari baterai benar-benar habis, tanpa harus menonaktifkan Smartphone. Jika hal ini terjadi bisa membuat elemen yang ada di dalam baterai menjadi rusak, dan menyebabkan baterai menjadi lebih boros.

Demikian informasi tentang cara menghemat baterai ponsel pintar Android. Silahkan lakukan satu atau lebih dari ketujuh cara di atas untuk menghemat baterai Smartphone kamu. Sehingga kamu tidak terlalu sering mengisi ulang daya baterai.

Mohon Bagikan Ya.. Terimakasih
author
No Response

Leave a reply "Ingin Menghemat Baterai Ponsel Android? Coba Gunakan 7 Cara Ini"