Mendongkrak Performa Windows 10 yang Lemot dengan 5 Cara Ini

Apa kamu salah satu pengguna Windows 10 yang merasa performa PC atau laptop menurun. Salah satu penyebabnya adalah spesifikasi yang kurang begitu mendukung. Sebab, Windows 10 di peruntukan untuk perangkat yang memiliki spesifikasi yang bagus.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab ada cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerjanya. Setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan, berikut adalah informasinya.

1. Matikan Program yang Tidak Dipakai

Salah satu yang menyebabkan PC atau Laptop Windows 10 lelet karena banyak sekali program yang berjalan di belakang layar. Bisa jadi program tersebut tidak kamu gunakan sama sekali dan tidak diinginkan.

Maka untuk meningkatkan performanya, kamu harus mematikan beberapa program yang tidak dipakai. Untuk mengetahui program apa saja yang sedang berjalan di belakang layar, kamu harus mengakses Task Manager dengan menekan Ctrl+Shift+Esc pada keyboard PC.

Lalu klik More Details untuk mengakses Task Manager lebih lengkap. Di sana kamu dapat melihat program apa saja yang berjalan di belakang layar. Pilih Startup, lalu klik kanan dan pilih disable untuk mematikan program tersebut.

Tidak perlu khawatir, sebab cara ini tidak mematikan program secara penuh. Namun, jika kamu masih kurang yakin program tersebut penting atau tidak. Kamu bisa meng-klik kanan lalu pilih Properties.

2. Mematikan Fitur Shadow, Animasi, dan Efek

Seperti kita ketahui Windows 10 memiliki tampilan yang lebih menarik dari versi sebelumnya. Namun, untuk PC dan laptop yang memiliki spesifikasi seadanya serta seri lama, dapat membuat kinerjanya menjadi lambat.

Jika kamu mengalaminya, maka sebaiknya kamu mematikan fitur shadow, animasi dan efek pada Windows 10. Sebab, fitur-fitur tersebut sangat memberatkan kinerja PC jika perangkat yang digunakan kurang mendukung.

Ketik sysdm:cpl di kolom pencarian, lalu klik enter. Setelah itu akan muncul boks yang berisi tulisan “System Properties”, lalu klik tab Advance dan klik “setting” di bagian Performance.

Sampai disini akan muncul boks Performance Options yang berisi daftar animasi dan efek. Untuk meningkat kinerja PC atau laptop, sebaiknya kamu mematikan beberapa fitur ini.

  • Animate controls and elements inside windows
  • Animate windows when minimizing and maximizing
  • Animations in the taskbar
  • Fade or slide menus into view
  • Fade or slide ToolTips into view
  • Fade out menu items after clicking
  • Show shadows under windows

Jika tidak ingin pusing, pilih saja “Adjust for best Performance”

3. Buka Windows Troubleshooter

Tidak sedikit pengguna windows 10 yang tidak terlalu paham dengan tools multifungsi ini. Alat ini mampu mendekteksi masalah performa serta mencari solusinya.

Dikutif dari laman PC Word pada senin (17/10/2016), mengatakan tool ini dapat menemukan file dan shortcuts yang tidak digunakan. Selain itu, tool ini bisa mengindentifikasi masalah yang berhubungan dengan performa dan lain-lain juga memperbaikinya secara otomatis.

Cara penggunaan tools ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengetik “troubleshooting” pada kolom pencarian. Setelah itu klik icon “troubleshooting control panel” dan klik “Run maintenace task” pada bagian System and Scurity yang muncul.

Setelah kamu klik maka akan muncul tulisan “Troudbleshoot and help prevent computer problems”. Silahkan klik tombol next.

4. Buang Bloatware

Windows 10 memiliki beberapa bloatware atau adware yang dapat mengganggu performa CPU. Oleh karena itu, sebaiknya bloatware yang menurunkan kinerja PC dibuang, untuk meningkatkan performa-nya. Terlebih jika PC yang kamu gunakan adalah versi lawas.

Kamu bisa menggunakan program keamanan seperti Norton Security atau McAfee LiveSafe. Juga bisa menggunakan aplikasi anti virus bawaan di Windows 10 kamu.

5. Akses Performance Monitor

Ini merupakan salah satu tools yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja PC dan laptop Windows 10. Tool ini bisa di akses dengan mengetikan kata kunci “perfmon/report” di kolom pencarian, lalu tekan enter.

Maka akan muncul boks “The Resource and Performance Monitor”. Alat ini akan mengumpulkan berbagai informasi tentang PC atau laptop. Setelah alat selesai berkerja, kamu bisa menemukan informasi detailnya. Kamu dapat menemukan berbagi masalah yang berhubungan dengan performa PC dan laptop dengan membuka bagian Warnings.

Apakah kamu telah siap melakukan kelima cara di atas untuk meningkatkan performa Windows 10 kamu?

Mohon Bagikan Ya.. Terimakasih
author
No Response

Leave a reply "Mendongkrak Performa Windows 10 yang Lemot dengan 5 Cara Ini"